Breaking News: Marc Marquez Rencanakan Jalani Operasi Lengan Atas Keempat?

RiderTua.com – Pada Sabtu pagi rumor beredar di paddock Mugello bahwa Honda akan mengumumkan beberapa berita luar biasa dalam siaran pers hari ini. Dugaan berkisar pada pengumuman bahwa bintang Suzuki Joan Mir telah menandatangani kontrak dengan HRC untuk tim Repsol-Honda hingga akhir 2024.. Namun sepertinya Honda akan mengumumkan hari ini bahwa Marc Márquez harus menjalani operasi lagi. Setelah crash di GP Jerez pada 19 Juli 2020, juara dunia MotoGP enam kali itu telah menjalani tiga operasi lengan atas, ditambah dua transplantasi tulang, dan dia juga sempat mengalami infeksi.

Kini setelah Marc Marquez merasakan keluhan baru, para dokter yang merawatnya sampai pada kesimpulan bahwa humerus tidak tumbuh dengan sempurna (pada posisinya), itulah sebabnya Marc menderita masalah otot dan tendon permanen. Perkiraan operasi akan langsung dilakukan setelah GP Mugello atau setelah GP Catalunya, akan segera diumumkan oleh HRC. Seperti yang dikatakan Chicho Lorenzo, ada sesuatu tentang fisik Marquez yang mengganggunya ternyata memang sedikit ada benarnya..

Marc Marquez Rencanakan Menjalani Operasi Lengan Atas untuk Keempat Kalinya

Dilnasi dari media Jerman Speedweek, Setelah perawatan di klinik Dr. Xavier Mir ternyata tidak terlalu efektif, atas saran Red Bull, Marc Marquez berkonsultasi dengan Dr. Karl Golser di Innsbruck-Austria.

Setelah berkonsultasi dengan HRC, Marc Marquez kemudian memutuskan, untuk dirawat dan dioperasi oleh tim dokter lain pada 3 Desember 2020 di ‘Hospital Ruber Internacional’ di Madrid. Itu adalah operasi lengan atas ketiga dalam 4,5 bulan. Operasi ini berlangsung lebih dari 8 jam.

Operasi terakhir ini dilakukan oleh dokter Samuel Antuna, Ignacio Roger de Ona, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal dan Andrea Garcia Villanueva. Pelat titanium yang dipasang di Clinica Dexeus di Barcelona telah dilepas dan diganti dengan yang baru. Selain itu, juga dilakukan transplantasi tulang dari krista iliaka ke lengan atas untuk memungkinkan fraktur kominutif sembuh lebih baik.

“Namun setelah Marc Marquez merasakan keluhan baru, para dokter yang merawatnya sampai pada kesimpulan bahwa humerus tidak tumbuh bersama pada sudut yang ideal, itulah sebabnya Marc menderita masalah otot dan tendon permanen”.

Karena cederanya ini, juara dunia MotoGP 6 kali itu tak kunjung meraih podium musim ini sehingga ambisinya untuk meraih gelar sangatlah mustahil. Sekarang manajemen Marc dan Honda telah memutuskan untuk melakukan operasi lengan atas keempat.

Apakah operasi ini akan langsung dilakukan setelah GP Mugello atau setelah GP Catalunya, hal itu akan segera diumumkan oleh HRC.

Dalam 4 balapan terakhir, Marc hanya tiga kali finis ke-6 dan satu kali finis ke-4. Tidak ada kemajuan yang terlihat dalam daya saing Honda RC213V. Dengan dibatalkannya GP Finlandia, ini artinya Marc mempunyai waktu pemulihan lebih lama yakni sekitar lebih dari 5 minggu setelah GP Belanda pada 27 Juni mendatang.

Marc Marquez mempunyai kontrak HRC hingga akhir 2024, dan mungkin bisa kembali beraksi di sepertiga terakhir musim 2022, menguji prototipe 2023 dan akhirnya bersiap untuk musim berikutnya dengan tenang. Selama 4 tahun terakhir, istirahat musim dingin Marc terganggu oleh operasi bahu dan lengan atas, serta diplopia (penglihatan ganda) setelah crash pada akhir Oktober 2021.

Kondisi kesehatan Marc bermasalah selama berminggu-minggu. Marc bahkan tidak mau repot-repot membangunkan motornya sendiri usai crash di Le Mans karena keluhan yang baru-baru ini dirasakannya.

Dalam beberapa pekan terakhir, pembalap Honda itu berulang kali menekankan bahwa dia harus menghemat energi dan tenaga pada hari Jumat, terkadang juga pada Sabtu pagi dan dalam sesi pemanasan. Jika dia benar-benar kelelahan di kualifikasi maka kondisi fisiknya tidak memungkinkan lagi di balapan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page