Efek Domino Suzuki: RNF Razali ke Aprilia, Yamaha Mendekati VR46 Rossi

RiderTua.com – Paddock MotoGP bagai terguncang gempa dengan 6 Skala Richter setelah berita perpisahan Suzuki. Aprilia yang kehilangan hak konsesi butuh tim satelit karena tidak bebas melakukan uji coba lagi. Pabrikan Aprilia dikabarkan sebuah media Italia sedang menjajaki bekerja sama dengan tim RNF Razali selain potensi munculnya Leopard Racing untuk menutupi kekosongan slot tim MotoGP.. Razlan dirumorkan sedang mencari motor selain Yamaha dan ada kontak juga dengan Aprilia..

Sementara Yamaha memimpikan bisa merangkul tim VR46 besutan Valentino Rossi yang dulu sudah pernah ditawari dengan harga ‘sewa diskon’ motor prototipe termurah di paddock MotoGP. Saat itu mungkin Rossi menolak karena banyak ‘politik’ dan demi menjaga hubungan dengan Razali, tidak mau berkhianat dengan tim yang pernah menampungnya yakni ‘Petronas SRT’.. Namun kini mungkin ceritanya sudah berubah, meskipun yang menjadi pertanyaan apakah Yamaha M1 lebih kompetitif dibanding Desmo GP, buat senjata tim VR46?

Bos tim Yamaha WithU Razlan Razali dirumorkan sedang mencari motor baru untuk musim depan. Kabar perpisahan Suzuki dari MotoGP, membuat efek domino di pasar pembalap dan tim. Awalnya Livio Suppo sedang mengerjakan anggaran tahun depan dan pembaruan Alex Rins dan Joan Mir yang diturunkan sedikit. Sebaliknya, keputusan Suzuki Jepang mengacaukan rencana beberapa pengembangan. Leopard Racing bisa muncul sebagai pemain baru di kelas utama.. Setelah podium di Jerez Aleix Espargaro dan Maverick Vinales tidak bisa lagi melakukan tes pribadi karena hilangnya hak konsesi, mulai 2023 Aprilia harus mengandalkan lima unit mesin yang akan dibekukan di awal kejuaraan. Memiliki tim satelit akan menjadi solusi ideal untuk mempercepat evolusi RS-GP dan pabrikan Italia itu telah melakukan kontak dengan Razali selama beberapa waktu.

Valentino Rossi Bernostalgia dengan Yamaha

Yamaha RNF gagal melepaskan diri dari keterpurukan klasemen dengan Andrea Dovizioso dan Darryn Binder, situasi yang tidak disukai manajer dan sponsor Malaysia. Kontrak yang mengikat tim yang berbasis di Inggris dengan Iwata akan berakhir pada akhir tahun dan akan diperlukan untuk menunjukkan kekuatan finansial sejak awal. Dan di kedua pihak tidak terlihat terburu-buru untuk pembaruan kontraknya. Keputusan akan dibuat pada awal musim panas, tetapi kasus Suzuki bisa menggerakkan lebih banyak opsi.

Valentino Rossi tidak pernah memutuskan hubungan dengan Yamaha. Salah satu bentuk ikatannya adalah Tim Master Camp Yamaha VR46, meskipun ada kontrak saat ini antara VR46 dan Ducati. Ducati tidak akan memveto pemisahan tim VR46, 8 pembalap terlalu banyak dan mengurangi jumlah motor di grid menjadi enam. Untuk saat ini yang tersisa adalah menunggu langkah resmi pertama yang akan memicu efek domino yang tak terhindarkan.

Related Articles

2 COMMENTS

  1. Bacaan yg menyenangkan adalah bacaan yg tidak dibagi2 menjadi beberapa halaman demi… Cukup 1 halaman, terima kasih ridertua.. maju terus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives