Geger, Jake Dixon Ke RNF Gantikan Dovizioso? Ini Jawabnya!

RiderTua.com – Hanya setelah naik podium-3 di balapan Moto2 Amerika, media Inggris ‘geger’ (heboh) mencalonkan Jake Dixon sebagai ganti Dovizioso tahun ini di RNF.. Berada di kelas tertinggi MotoGP 1000cc tentu menjadi impian besar setiap pembalap. Jake Dixon (sekarang di GASGAS Aspar Team – Moto2) salah satunya, memang tahun lalu dia sudah memiliki dua kesempatan balapan dengan M1 sebagai rider pengganti Morbidelli yang cedera. Menjadi pembalap reguler di MotoGP jelas sangat dia inginkan, tetapi menurutnya hanya pada waktu yang tepat. Sebelum naik ke MotoGP, dia ingin menjajal dirinya bertarung untuk gelar di Moto2, dia mulai lagi dari posisi luar biasa di podium Amerika setelah tahun-tahun yang sulit. Rumor terbaru dari Inggris, dilaporkan oleh penyiar Inggris BT Sport, yang ingin dia segera bergabung di Yamaha RNF menggantikan Andrea Dovizioso. Mengganti pembalap memang hal yang wajar, namun mengganti sponsor bikin pening kepala, karena infonya keinginan sponsor WithU (Italia) adalah pembalap Italia..

Dixon tidak dalam kondisi fisik yang bugar sebelum ini, cedera serius yang diderita tahun lalu setelah highside keras selama Grand Prix Eropa. Patah tulang pada pergelangan tangan kanan yang awalnya tidak tampak terlalu serius, namun ternyata sebaliknya, setelah pemeriksaan lebih mendalam, menandai awal dari cobaan berat. Musim Moto2 tahun 2020 berakhir sebelum waktunya, namu dia tidak mau mengakhiri karirnya sebagai pembalap dengan cara ini. Hanya satu operasi di akhir tahun 2020, yang berisiko tetapi untungnya berhasil, memungkinkannya memulai fase pemulihan dan bisa kembali balapan Moto2 tahun kemarin. Rehabilitasi panjang, rekonstruksi juga cara mengemudi menyesuaikan gaya balap, karena pergelangan tangannya sangat terpengaruh oleh cedera. Tapi Jake Dixon tidak berkecil hati dan dia bisa tampil pada awal 2021, hingga Valencia.

Pengalaman MotoGP

Dixon juga punya kesempatan tampil di MotoGP tahun lalu. Sebuah kesempatan yang datang karena cedera Franco Morbidelli, bersama dengan fakta bahwa tes rider Cal Crutchlow dipekerjakan di tim pabrikan setelah ‘pemecatan’ Maverick Vinales. Kemudian Petronas Yamaha SRT ‘menunjuk’ Jake Dixon untuk dua balapan, race pertama dimulai di balapan rumahnya di Silverstone. Dia berada di urutan ke-19 dan terakhir, di Aragón tak mampu finish, balapannya berakhir setelah hanya satu lap, tetapi pengalaman di kelas premier MotoGP lebih berharga dari segalanya. Dia kemudian kembali ke Moto2, menyelesaikan tahun yang rumit dengan hanya finis enam poin, dua di antaranya di sepuluh besar.

Tahun ini dikelas Moto2 dengan tim GASGAS Aspar Team, petualangan yang ternyata tidak mudah, mengingat perubahan total yang harus dia hadapi. Tapi untuk pembalap Inggris yang selalu tersenyum itu akhirnya dia mendapat podium pertama tahun ini di AS. Dan ada desas-desus, yang semakin mendesak, bahwa mereka menginginkannya di MotoGP selama 2022 ini. Tapi apa pendapat dia? “Saya tak ingin melewati batas,” katanya.. “Saya akan pergi ke sana pada waktu yang tepat dan dengan paket yang tepat.” Singkat kata, target saat ini tetap bisa tampil di Moto2, mengejar gelar dunia. Tetapi dalam satu tahun kontrak yang akan berakhir, kita tidak tahu apa yang akan terjadi lagi…

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives