Brembo Gunakan Rem Cakram 355mm, Speed Semakin Mengerikan!

RiderTua.com – Di MotoGP 2022, Brembo menggunakan rem cakram 355 mm untuk pertama kalinya… Para teknisi di pabrikan rem terkemuka Brembo, memberi tahu pabrikan-pabrikan MotoGP bahwa pada kecepatan saat ini, motor 1000cc mereka mencapai tingkat daya pengereman yang sangat tinggi. Sirkuit Losail di Qatar dianggap sebagai tes utama untuk sistem pengereman. Karena, di sana motor yang bisa mencapai kecepatan hingga 362 km/jam itu harus diperlambat sebelum 13 dari 16 tikungan. Sebenarnya tidak hanya Sirkuit Losail yang menuntut sistem pengereman motor MotoGP. Inilah sebabnya, mengapa cakram 355mm diizinkan digunakan di MotoGP untuk pertama kalinya tahun ini.

Brembo Gunakan Rem Cakram 355mm, Speed Semakin Mengerikan

Ini adalah nilai tertinggi musim ini dalam hal konsumsi energi, lebih tinggi ketimbang di Jerez dan di Misano Adriatico, di mana pengereman dilakukan 12 kali per lap. Di Losail, penggunaan sistem pengereman per lap juga mencapai rekor tertinggi. 40 detik per lap, itu 15 detik lebih banyak ketimbang di Sachsenring dan Phillip Island.

Sirkuit Red Bull Ring juga membuat tuntutan pengereman tinggi. Teknisi rem asal Italia itu menekankan bahwa, trek Spielberg mendapat 5 poin dari 5 kemungkinan poin dalam hal kesulitan. Tes lainnya adalah Motegi Twin Ring..

Para insinyur Brembo mengatakan, “Energi yang dibutuhkan oleh rem akan terus meningkat. Makanya kita tambah diameter rem cakram untuk musim 2022. Kita sudah bicara dengan semua pabrikan sebelumnya, agar regulasi diubah dan disesuaikan. Kita putuskan diameter 355 milimeter di depan. Kenapa 355 milimeter? Ini maksimal yang dapat digunakan dengan roda depan saat ini. Rem cakram ini diharapkan dapat digunakan di Austria, Motegi dan Thailand musim ini. Cakram 355mm ini akan menjadi lebih umum selama beberapa tahun ke depan karena penggunaan terus meningkat.”

Beberapa pabrikan MotoGP harus mengadaptasi motor untuk tahun 2022, untuk memberi ruang bagi kaliper rem dan cakram baru. Selain itu, sekarang cakram rem harus dibongkar agar bisa melepas kaliper rem. Bahkan pada beberapa motor kepala kemudi harus dimodifikasi untuk memberi ruang bagi cakram 355mm baru.

Brembo telah membuat langkah signifikan dalam daya pengereman dalam beberapa tahun terakhir. Tapi sekarang rem asal Italia itu kehabisan akal. “Kami terus mengembangkan dan mencari solusi baru. Ini dimulai dengan kaliper rem dan tidak berhenti di piston rem. Ini tentang menjaga suhu kaliper rem, bantalan rem, dan cakram rem serendah mungkin,” pungkas insinyur Brembo.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives