Marc Marquez: Slipstream Sangat Membantu

RiderTua.com – Marc Marquez dengan terus terang mengatakan bahwa strategi Slipstream (berada di belakang lawan “mencuri angin” untuk mendapatkan gaya momentum melesat lebih cepat) sangat membantu… Rider Repsol Honda itu cepat beradaptasi dengan RC213V terbaru lebih dari yang diperkirakan. Fakta bahwa fisiknya belum 100 persen karena cedera panjang, bikin Marc Marquez penasaran apakah dia mampu bertarung untuk meraih podium.

Rider berusia 29 tahun itu hanya menang sekali di Qatar yakni pada tahun 2014, ketika dia memenangkan 10 balapan berturut-turut. Meskipun akan start dari posisi ke-3, Marc tak bisa optimis dia mengaku sedikit nervous karena akan dikelilingi 4 Ducati di grid. Dalam kualifikasi Marc Marquez diuntungkan dengan mengejar Pecco Bagnaia dan dia dapat membayangkan skuat Desmosedici juga memainkan peran penting di GP Qatar. Ada tiga pembalap Ducati di 4 besar!

Marc Marquez: Slipstream Sangat Membantu

Dalam konferensi pers, Marc Marquez berkata, “Tentu saja, setiap pembalap mencari slipstream di kualifikasi. Karena pada bentangan ini dengan home straight sepanjang 1 km, ‘slipstream’ sangat membantu. Hanya Enea Bastianini yang sepenuhnya mengatur catatan waktu sendirian. Karena itu, FP4 sangat penting bagi saya. Saya mengendarai sendirian, saya memiliki kecepatan yang konstan, catatan waktu yang mengesankan. Sekarang saya ingin tahu bagaimana balapan akan berkembang.”

“Banyak faktor yang harus kita kelola. Ban, konsumsi bahan bakar, semuanya. Dan kami melakoni balapan pertama, kami belum menguji di sini untuk pertama kalinya dalam 10 tahun. Saya sedikit nervous dan ada ‘kupu-kupu’ di perut saya. Kami akan melihat bagaimana saya bisa mengatasi semua tantangan ini,” imbuh rider asal Spanyol itu.

Sebelumnya, Marc Marquez mengatakan bahwa dia senang dengan kecepatannya dalam satu lap tetapi dia berharap ada peningkatan 0,2 detik dari kecepatan balapannya. “Pada siang hari di FP3, saya terlalu jauh dari pembalap papan atas,” jelas Marc.

Marc menambahkan, “Tetapi pada sore hari di FP4 saya sangat dekat dengan garis depan dengan kecepatan balapan saya. Itu membuat saya bahagia. Memang benar saya bukan pembalap tercepat di lintasan. Tapi saya bisa bertarung untuk posisi teratas besok (Minggu). Saya tidak berpikir saya akan memenuhi syarat untuk menang. Tapi itu juga akan tergantung pada kondisi. Karena Suzuki sangat cepat di tiga sesi latihan pertama, tapi hari ini tidak. Di malam hari mereka mengalami banyak masalah. Tapi saya tidak punya ilusi. Saya yakin Mir dan Rins akan berada di depan besok.”

Marquez melanjutkan, “Ya, ada banyak tanda tanya. Kami melakoni balapan pertama, kami berada di Qatar. Tidak ada yang tahu performanya dengan baik setelah 22 lap balapan. Tapi saya tidak merasakan sakit, itu membuat saya senang.”

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022

1Jorge MartinPramac Ducati (GP22)
2Enea BastianiniGresini Ducati (GP21)
3Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)
4Jack MillerDucati Lenovo (GP22)
5Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP)
6Pol EspargaroRepsol Honda (RC213V)
7Brad BinderRed Bull KTM (RC16)
8Joan MirSuzuki Ecstar (GSX-RR)
9Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP22)
10Alex RinsSuzuki Ecstar (GSX-RR)
11Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
12Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)
13Johann ZarcoPramac Ducati (GP22)
14Miguel OliveiraRed Bull KTM (RC16)
15Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP21)
16Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
17Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22)
18Alex MarquezLCR Honda (RC213V)
19Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP)
20Andrea DoviziosoWithU RNF Yamaha (YZR-M1)
21Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP21)
22Remy GardnerKTM Tech3 (RC16)
23Raul FernandezKTM Tech3 (RC16)
24Darryn BinderWithU RNF Yamaha (YZR-M1)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives