Ini yang Bikin Pol Espargaro Optimis

RiderTua.com – Ini yang bikin Pol Espargaro optimis… Pada tes pra-musim di Mandalika, rider Repsol Honda itu berhasil menempati posisi teratas. Pada saat itu, pembalap asal Spanyol itu mengklaim bahwa pengembangan baru dari HRC lebih cocok untuknya ketimbang model tahun lalu. Honda dipastikan akan menjadi penantang serius dalam merebut kemenangan pada tahun 2022. Karena pada latihan bebas hari Jumat di Qatar, keempat RC213V berhasil masuk 10 besar di FP1. Awal musim MotoGP yang menjanjikan bagi Repsol Honda di Qatar. Marc Marquez finis kedua, sedangkan rekan setimnya Pol Espargaro berada di urutan ke-9 pada hari Jumat. Namun pada sesi kualifikasi tadi malam Marc Start dari baris depan dan Pol akan start dari P-6 malam ini di GP Qatar..

Ini yang Bikin Pol Espargaro Optimis

Pol Espargaro mengakhiri FP1 di urutan ke-4. Setelah FP2, rider berusia 30 tahun itu berada di urutan ke-9. Pembalap asal Spanyol itu 0,5 detik di belakang pemimpin Alex Rins (Suzuki). “Kami bisa lebih baik lagi di FP2. Saya tidak bisa memperbaiki set kedua ban baru karena saya punya masalah, dan tidak bisa memaksakan diri hingga limitnya. Di sisi lain, perburuan waktu pertama tidak buruk. Saya balapan sendiri dan catatan waktu akhirnya cukup untuk masuk 10 besar,” kata peringkat 12 di Kejuaraan Dunia MotoGP musim lalu itu.

“Tahun lalu bahkan tidak mungkin mendekati 10 besar, jadi hasil hari itu sangat penting bagi kami. Kami telah mengambil langkah besar dengan motor dan pada hari Sabtu ini tentang mengembangkan motor lebih jauh sehingga kami tidak hanya cepat di satu lap,” imbuhnya.

Apakah Pol harus banyak mengubah motornya sejak tes terakhir? “Kita biasanya harus sedikit menyesuaikan mesin, karena tikungan selalu sedikit berbeda dari trek ke trek. Terkadang kita melibas tikungan dengan cepat, terkadang lebih lambat. Namun, saat kita cepat, detailnya tidak terlalu penting. Biasanya kita tidak perlu mengubah apa pun dalam set-up. Saya merasa kuat dan saya senang kami berada di Q2 saat ini,” tegas adik Aleix Espargaro (Aprilia) itu.

Setelah malewati hari pertama di sirkuit Losail sepanjang 5.380km, di mana peningkatan Honda? “Tahun lalu saya memiliki masalah terbesar saat memasuki tikungan, itu seperti mimpi buruk. Tepat di area inilah kami membuat perubahan terbesar pada motor. Saat memasuki tikungan, saya memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena saya tidak perlu memikirkan kemungkinan sisi atas sepanjang waktu, yang mungkin terjadi kapan saja tahun lalu. Perubahan ini sangat mengesankan,” lanjutnya.

“Begitu trek menjadi lebih bersih dan lebih cepat, saatnya saya cepat. Karena dengan begitu saya dapat menggunakan rem belakang lebih baik dan perasaan saya semakin meningkat. Lalu melaju sangat cepat. Saya bisa sedikit meningkatkan gaya balap saya di area ini dan saya berhasil membiarkan motor meluncur sedikit tanpa kehilangan kendali,” pungkas Pol Espargaro.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar 2022

1Jorge MartinPramac Ducati (GP22)
2Enea BastianiniGresini Ducati (GP21)
3Marc MarquezRepsol Honda (RC213V)
4Jack MillerDucati Lenovo (GP22)
5Aleix EspargaroAprilia Factory (RS-GP)
6Pol EspargaroRepsol Honda (RC213V)
7Brad BinderRed Bull KTM (RC16)
8Joan MirSuzuki Ecstar (GSX-RR)
9Francesco BagnaiaDucati Lenovo (GP22)
10Alex RinsSuzuki Ecstar (GSX-RR)
11Fabio QuartararoMonster Yamaha (YZR-M1)
12Franco MorbidelliMonster Yamaha (YZR-M1)
13Johann ZarcoPramac Ducati (GP22)
14Miguel OliveiraRed Bull KTM (RC16)
15Marco BezzecchiMooney VR46 Ducati (GP21)
16Takaaki NakagamiLCR Honda (RC213V)
17Luca MariniMooney VR46 Ducati (GP22)
18Alex MarquezLCR Honda (RC213V)
19Maverick ViñalesAprilia Factory (RS-GP)
20Andrea DoviziosoWithU RNF Yamaha (YZR-M1)
21Fabio Di GiannantonioGresini Ducati (GP21)
22Remy GardnerKTM Tech3 (RC16)
23Raul FernandezKTM Tech3 (RC16)
24Darryn BinderWithU RNF Yamaha (YZR-M1)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives