Categories: MotoGP

Jack Miller: Mandalika Mirip Argentina

RiderTua.com – Jack Miller: Mandalika mirip Argentina… “Lintasan ini sedikit mengingatkan saya pada Las Termas di Argentina, terutama karena tikungan terakhir,” katanya.. Pada tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama, lintasan Mandalika sempat dilapisi lumpur setelah diguyur hujan deras pada malam hari. Dan di pagi hari langsung dilakukan pembersihan secara menyeluruh sebelum para bintang MotoGP benar-benar terbiasa dengan lintasan. Jack Miller melahap 72 lap dan menyelesaikan hari pertama di posisi ke-6, kalah 0,648 detik di belakang Pol Espargaro yang mencatat waktu terbaik dengan Honda-nya. Sebagai pembalap terbaik Ducati, rider asal Australia itu menggambarkan kondisi sulit trek Mandalika sebagai hal yang ‘sangat berguna’.

Jack Miller: Mandalika Mirip Argentina

Pada sore hari, Jack Miller mengatakan, “Kotoran bukanlah keuntungan. Ketika kami keluar dari pit di pagi hari, treknya tidak buruk setidaknya untuk tiga atau empat lap pertama. Kemudian ketika mulai kering, rasanya seperti kami berjalan di atas lapisan lumpur. Kami mengalami slip dari satu tikungan ke tikungan berikutnya dan itu sangat tidak menyenangkan.”

“Satu-satunya hal yang logis adalah membersihkan trek dengan melakukan lap sebanyak mungkin. Sore hari trek terasa cukup bagus. Tapi kita harus menunggu dan melihat bagaimana keadaannya pada hari Sabtu.”

Terlepas dari kondisi trek yang buruk, Miller memiliki banyak pelajaran yang berguna hari itu. “Kami bisa langsung mendapatkan mood untuk trek, motornya terasa sangat bagus. Kami harus melakukan beberapa penyesuaian, karena tentu saja lintasannya sangat berbeda dengan Sepang,” imbuhnya.

“Fokusnya adalah pada elektronik dan saya pikir kami telah banyak berkembang di area itu, bahkan jika secara logis kami memiliki grip yang relatif kecil. Sangat menarik untuk melihat bagaimana engine brake dan torsi berperilaku dalam kondisi ini. Kami akan menemukan kondisi serupa di Qatar karena selalu ada banyak pasir, debu, dan angin di sana. Kami bisa mengambil banyak dari pengalaman di sana,” ujar pembalap Ducati Lenovo itu yakin.

Miller melanjutkan, “Lintasan ini sedikit mengingatkan saya pada Las Termas di Argentina, terutama karena tikungan terakhir. Di sini kita harus sangat berhati-hati untuk tidak membiarkan terlalu melebar dan memberi kesempatan pembalap lain menyalip. Saya sangat menikmati treknya, karakternya hebat dan saya sangat menikmati hari pertama. Trek ini memiliki segalanya, bagian cepat dan beberapa area yang sangat teknis membuatnya menarik. Saya sangat menantikan datang ke sini untuk balapan.”

Area trek mana yang paling dinikmati pembalap berjuluk Thriller Miller itu? “Seiring dengan kondisi yang terus membaik, secara signifikan kami juga menjadi lebih cepat. Di pagi hari kita tidak bisa menggunakan trek, itu terlalu berbahaya, tetapi kemudian beberapa tikungan diambil dengan sangat cepat. Terutama tikungan yang kami ambil di gigi keempat atau kelima, sangat menyenangkan. Dan saya pikir di situlah kita dapat membuat perbedaan dengan yang lain. Tikungan 7 hampir buta dan kita harus melintasinya dengan sempurna untuk mencapai puncak di tikungan 8,” jawab pembalap yang kerap disapa JackAss itu.

Lombok dianggap sebagai surga liburan, cuacanya sangat hangat, tetapi beberapa pembalap pasti lebih suka beberapa derajat lebih rendah. “Cuacanya sangat panas. Meski terasa lebih hangat di Malaysia. Suhu di sini lebih tinggi, tetapi kelembapannya tidak terlalu tinggi. Bagi saya ini tidak seburuk yang kita kira. Tata letak yang dikombinasikan dengan panas bisa sedikit lebih menekan ban,” pungkas rekan setim Pecco Bagnaia itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024