Siapa yang Bisa Melebihi Kemenangan Agostini-Rossi: Marquez?

RiderTua.com – Pembalap dengan kemenangan balap terbanyak dalam sejarah MotoGP adalah Giacomo Agostini (122 menang) dan peringkat kedua Valentino Rossi (115 kali menang)… Ada banyak pembalap yang telah melewati kejuaraan dunia balap motor tertinggi MotoGP. Tapi yang namanya mampu terukir dalam sejarah mungkin hanya beberapa saja, termasuk dalam jumlah kemenangan. Jika membahas siapa yang paling mungkin dan bisa menyalip kedua orang yang sudah tidak aktif balap (pensiun), pasti kita berfikir dan terbayang dalam benak kita adalah Marc Marquez (hingga kini 85 menang). Katakanlah setiap musim ada 20 seri, dengan tingkat kemenangan Marc sekitar 50%, butuh paling tidak 4 tahun.. Mampukah Marc sebelum dia pensiun?

Siapa yang Bisa Melebihi Kemenangan Agostini-Rossi: Marquez?

Pembalap yang berada di urutan nomor 1 sebagai pembalap yang paling banyak memenangkan balapan dalam dekade terakhir adalah Giacomo Agostini. Pembalap asal Italia itu membukukan 122 kemenangan. Sementara yang ditorehkan Rossi tak jauh darinya yakni 115 kemenangan. Legenda balap asal Tavullia itu kini pensiun di usianya yang ke-42, karir aktifnya sebagai pembalap mencapai 26 tahun.

Di peringkat 3 ditempati Angel Nieto. Pembalap asal Spanyol berhasil memenangkan 90 balapan. Pembalap di posisi ke-4 dalam daftar ini adalah Marc Marquez. Sejak dia membalap di MotoGP pada 2013, pembalap berusia 28 tahun itu menorehkan 85 kemenangan. Dia adalah satu-satunya pembalap yang hingga kini masih aktif yang masuk dalam daftar tersebut. Ini artinya, torehannya ini masih bisa bertambah jika dia kembali pulih dari cedera.

Pembalap yang masuk 5 besar berikutnya adalah Mike Hailwood dengan 76 kemenangan. Di belakangnya ada Jorge Lorenzo dengan 68 kemenangan yang memutuskan pensiun pada 2019. Daftar selanjutnya adalah Mick Doohan, legenda Honda yang berhasil 5 kali menyabet gelar dunia dalam karir balapnya dan membukukan 54 kemenangan.

Sama seperti pembalap asal Australia itu, Dani Pedrosa yang kini mengemban tugas sebagai tes rider KTM itu juga menorehkan 54 kemenangan. Dengan 52 kemenangan, Read berada di urutan ke-9. Menutup 10 besar, ada Casey Stoner yang telah mengumpulkan 45 kemenangan di sepanjang karirnya.

Terdapat 2 pembalap di grid MotoGP saat ini yang membukukan kurang dari 30 kemenangan (kecuali Marquez), yakni Maverick Vinales mencatatkan 25 kemenangan dan Andrea Dovizioso dengan 24. Sementara yang menorehkan kurang dari 20 kemenangan adalah Johann Zarco dengan 16 kemenangan, Pol Espargaro dan Alex Rins dengan 15, Miguel Oliveira dan Bagnaia dengan 14 serta Alex Marquez dan Joan Mir dengan 12 kemenangan.

Di grup terakhir ada dua pembalap resmi Yamaha dengan 9 kemenangan. Meski menjadi juara dunia Moto2, Franco Morbidelli imbang dengan juara dunia MotoGP saat ini yakni Fabio Quartararo. Pembalap Ducati Jack Miller menorehkan 9 kemenangan. Terakhir adalah Takaaki Nakagami, dengan hanya mengumpulkan 2 kemenangan grand prix.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives