Pol Membela: Honda Tak Didesain untuk Marc

RiderTua.com – Honda RCV (versi lama) didesain untuk Marquez? Pol Espargaro tidak sependapat… Saat Marc Marquez cedera parah pada 19 Juli 2020 dan harus istirahat selama berbulan-bulan, sejak saat itulah performa Honda juga ‘longsor’. Pabrikan berlogo sayap emas itu harus menunggu 21 balapan untuk kembali menang. Dan inilah paceklik terpanjang dalam sejarah Honda di MotoGP sejak terjun ke kelas utama pada 1982. Anehnya, Marc jugalah yang berhasil memperbaiki situasi buruk yang dialami Honda. Setelah 581 hari, pembalap berusia 28 tahun itu menang di Sachsenring pada 20 Juni 2021. Sementara itu, rekan setimnya dan dua pembalap LCR seakan tak ada ‘taji’nya. Hal ini semakin menguatkan anggapan bahwa Honda hanya melakukan pengembangan motor khusus untuk Marc. Pol membela: “Saya tidak berpikir motor lama dirancang untuk Marc,” katanya.. Namun beberapa fakta menunjukkan tak ada pembalap Honda pabrikan selain Marc yang menang setelah Pedrosa tahun 2017(sudah 5 tahun yang lalu)..

Honda Didesain untuk Marquez? Pol Espargaro Tidak Sependapat

Oleh karena itu, Honda berulang kali dikritik habis-habisan. Mereka dianggap terlalu mengandalkan Marc Marquez. Namun setelah tes Jerez, pembalap Honda lainnya menggambarkan prototipe mesin 2022 sebagai konsep yang sama sekali berbeda. Apakah itu membuat motor lebih mudah dikendarai untuk semua pembalap?

Rekan setim Marc, Pol Espargaro mengatakan, “Saya tidak berpikir motor lama dirancang untuk Marc, dan itulah sebabnya dia selalu menang banyak.”

“Sebuah motor didasarkan pada komentar pembalap. Ketika pembalap mengatakan sesuatu, maka para insinyur akan melakukan apa yang dikatakan pembalap dan kemudian pembalap mencoba untuk menjadi secepat mungkin. Marc adalah seorang pembalap jenius di motor lama, karena gaya balapnya adalah yang terbaik. Bukan karena motor itu lebih cocok untuknya ketimbang pembalap Honda lain. Itu karena dia bagus,” imbuh pembalap berusia 30 tahun itu sambil menatap rekan setimnya yang juga juara dunia 8 kali itu.

Namun, Prototipe RC213V terbaru untuk musim MotoGP 2022 melambungkan harapan tinggi bagi semua pembalap Honda. “Motor terbaru itu tidak hanya disesuaikan dengan Marc Marquez,” kata Pol Espargaro.

Pol melanjutkan, “Motor baru sangat berbeda, itu benar. Fokusnya lebih pada grip roda belakang, yang juga dikonfirmasi oleh Taka (Nakagami) dan Alex (Marquez). Tapi Marc juga mengendarainya di Misano dan merasa nyaman. Honda menerima komentar semua pembalap dan mencoba menghasilkan motor yang lebih baik. Dan motor itu lebih baik. Sepanjang tahun kami mengeluh tentang berbagai masalah, dan mereka membawa sesuatu yang sangat berbeda. Umpan balik dari semua pembalap cukup sejalan, kami cukup senang dengan perubahannya.”

Namun, adik Aleix Espargaro (Aprilia) itu juga memperingatkan, “Ini baru permulaan, kami harus menguji motor di trek yang berbeda dan melihat apakah lebih cepat di sana. Kami harus tetap tenang karena segala sesuatunya dapat berubah dengan cepat.”

Setelah Marc sukses melakoni tes dengan Honda RC213V-S di Portimao, Pol Espargaro berharap dapat bekerja sama dengan rekan setimnya di Repsol Honda itu. “Fakta bahwa Marc Marquez ambil bagian dalam pra-musim juga akan menjadi sangat penting, untuk mampu melakukan tes selama 5 hari. Mendapatkan motor terbaik untuk awal musim,” pungkas ayah Baby Lucas itu.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives