Pembalap Cilik, Penghargaan Besar: Acosta Menjadi Nama Tikungan Sirkuit Cartagena

RiderTua.com – Nama juara dunia baru pembalap kelas kecil Moto3 diabadikan di sirkuit balap Spanyol. Tikungan-14 sirkuit Cartagena didedikasikan untuk Pedro Acosta dengan monumen atau patung Hiu Mazarron lambang dari Acosta… Pedro Acosta mendapat sebuah kehormatan besar. Setelah sukses meraih gelar Kejuaraan Dunia Moto3 yang sensasional, tikungan 14 ‘Circuito de Cartagena’ secara khusus didedikasikan untuk pembalap asal Spanyol itu. Hanya sedikit sekali pembalap motor yang diberikan tikungan tersendiri saat masih aktif membalap. Misalnya, tikungan 10 dari sirkuit MotorLand Aragon juga dikenal sebagai ‘Marc Márquez Corner’. Begitu juga Circuito de Jerez dengan ‘Tikungan Jorge Lorenzo’ pada 2013, dan tikungan 6 dinamai ‘Tikungan Dani Pedrosa’ tetapi diberikan setelah dia pensiun pada akhir 2018. Tikungan 3 di Philip Island didedikasikan untuk Casey Stoner pada tahun 2012.

Tikungan 14 Sirkuit Cartagena Didedikasikan untuk Pedro Acosta

Luar biasanya, Pedro Acosta menerima kehormatan itu pada usia 17 tahun, meskipun tidak di sirkuit balap MotoGP. Patung Acosta berdiri di tikungan 14 atau tikungan terakhir dari sirkuit sepanjang 3,506 km yang letaknya di tenggara Spanyol itu. Tampak disebelah patung nomor 1 Acosta, terdapat patung seekor hiu yang menggambarkan Juara Dunia Moto3 itu sebagai putra seorang nelayan, dimana Acosta dijuluki ‘Hiu Mazarron’.

Penghargaan untuk rider Red Bull KTM Ajo itu dihadiri oleh petinggi sirkuit, keluarga pembalap, pejabat setempat dan banyak orang. Acosta menjalani tes pribadi di Cartagena, termasuk bersama bintang Pramac-Ducati Jorge Martin dan Johann Zarco. Dimana Martin menjadi pembalap tercepat pada tes hari Jumat.

Bukan kebetulan bahwa Acosta mendapat tikungan khusus di Cartagena dari semua trek. Karena kampung halamannya yakni Mazarron, juga berada di wilayah Murcia dimana Circuito de Cartagena berada.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives