Sanggupkah Marc Menjadi Juara Dunia 2022?

RiderTua.com – Honda jelas tidak boleh gagal juara dunia untuk ketiga kalinya… Meskipun kondisi kesehatannya masih belum pasti, namun nama Marc Marquez belum dicoret dari kandidat juara dunia 2022.. Walaupun gaya balapnya bisa berubah karena cedera. Sambut musim MotoGP 2022 akan ada dua sesi tes sebelum seri Qatar. Yang pertama di Sepang, yang kedua di Indonesia, namun akankah Marc Marquez berada di sana? Menurut berita resmi, pembalap Cervera itu telah melanjutkan latihan di gym. Diplopia harus segera pulih, sementara bahu kanan masih memberikan sedikit ketidaknyamanan..

Namun Marc punya mental juara, pintar dan cerdik, mampu mengejar ketertinggalan. Dia akan dengan cepat mempelajari kekuatan lawan yang tercepat dengan menempel dibelakangnya, berlomba sambil belajar.. Tapi seberapa yakin Marquez akan juara dunia tahun depan?, kalau juara seri masih mungkin terutama di trek anti-clockwise (Sachsenring, Aragon, COTA, Phillips Island, Valencia).. “Jelas dalam karir seorang atlet, mulai dari masalah usia, setiap orang pernah mengalami kegagalan. Yang penting dalam karir olahraga adalah menghindari perubahan besar dan tiba-tiba,” ujar Marc.

Marc Marquez mengalami cedera serius di Jerez pada 2020 dan dia mampu comeback ke MotoGP lagi dan memenangkan tiga balapan. Cedera baru ( diplopia) akan mengujinya kembali. Tentu akan ada ekspektasi dan tekanan di tim Honda, di mana HRC tidak boleh gagal juara dunia untuk ketiga kalinya.

“Jika Anda seorang pembalap MotoGP yang menuntut dan ambisius, tekanan telah ada pada Anda sejak 1 Januari. Jelas itu bukan tekanan yang sama ketika Anda berada di rumah atau ketika Anda tiba di sirkuit”, kata Marc Marquez dalam film dokumenter DAZN yang berjudul: Yo, Pilot..

“Memenangkan delapan gelar dunia dapat membantu mengelola tekanan, tetapi Anda masih membutuhkan banyak pengalaman dan stabilitas mental. Saya suka tekanan, itu menempatkan Anda dalam cara yang berbeda untuk berkonsentrasi,” tambahnya…

Pengalaman tahun lalu selama masih cedera, sekali lagi Marc Marquez kembali meraih kemenangan. Kemenangan di Sachsenring, lalu di GP Aragon, dua kemenangan beruntun antara Austin dan Misano-2. “Ketika Anda menang, Anda secara teoritis harus berusaha lebih keras karena Anda melaju lebih cepat. Tetapi secara fisik dan mental Anda melihat terbebas dari tekanan. Jelas dalam karir seorang atlet, mulai dari masalah usia, setiap orang pernah mengalami kegagalan. Yang penting dalam karir olahraga adalah menghindari perubahan besar dan tiba-tiba”.
(Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page