Rossi ke Ducati Terhalang ‘Ikatan’ Yamaha

RiderTua.com – Berita Valentino Rossi ‘kembali’ ke Ducati banyak yang meragukan akan terwujud, sehubungan dengan kedekatannya dengan Yamaha, namun tetap ada sedikit kepastian.. Valentino jelas  tidak pernah menyembunyikan ketidaksukaannya pada pekerjaan sebagai tes rider, tetapi mungkin sekedar mencoba motor Ducati akan dilakukan. Meskipun hubungan dengan Yamaha dan masa depannya di balapan mobil sangat membebani keputusan untuk ‘nyemplak’ motor Ducati. Karena ketika seorang pembalap menaiki salah satu merek motor, dia sudah ikut mempromosikan brand tersebut, apalagi orang sekelas Valentino… Kecuali nantinya Rossi terikat kontrak dengan Audi, maka akan ada link yang menghubungkannya dengan tim merah itu, dan akan semakin menjauh dengan pabrikam garputala.. Wah..

Valentino Rossi baru saja pensiun dari MotoGP, namun dia tidak langsung menggantung jaket dan helmnya. Semua orang bahkan berbicara tentang dia balapan lagi, setidaknya dalam peran sebagai tes rider, peran yang sudah dilakukan oleh pembalap pensiunan seperti Stoner, Lorenzo, dan yang masih aktif Pedrosa untuk KTM. Saat Quartararo ditanya apakah dia menginginkan Rossi sebagai penguji dan pembalap Prancis itu memberikan jawaban yang sejelas pertanyaannya: YA…

Sekarang terserah Ducati, bahkan Claudio Domenicali, CEO tim Merah itu menyatakan bahwa dia juga tidak keberatan, tetapi Gigi Dall’Igna yang akan memutuskan. Meskipun Gigi lebih dari sebulan yang lalu menjelaskan bahwa “Valentino dalam dunia balap ini dapat melakukan apa pun yang dia inginkan”.

Meskipun saat itu dalam taraf sekedar mencoba Desmosedici, hanya untuk menghilangkan rasa penasaran, bukan sebagai tes rider. Dan ketika ditanyakan kepada Matteo Flamigni, ahli telemetri Rossi, dalam sebuah wawancara. Dia mengatakan bahwa Valentino tidak pernah menyukai pekerjaan pengujian: “Pengujian adalah salah satu hal yang paling membosankan,” katanya beberapa kali.

Valentino bagaimanapun masih merupakan object pemasaran yang sangat baik, tetapi beberapa aspek harus dipertimbangkan untuk mencapainya. Yang pertama adalah masa depan Rossi sebagai pembalap mobil: pada awalnya ada pembicaraan tentang kolaborasi dengan Ferrari, sementara baru-baru ini The Doctor berada di Valencia untuk menguji Audi dari tim WRT, yang menyatakan bahwa mereka sedang mengevaluasi kemungkinan untuk balapan. Jika Valentino mencalonkan diri di House of the four ring, segalanya akan lebih mudah, karena dia akan terikat dengan perusahaan induk Ducati, dan itu akan memecahkan masalah (Audi terkait dengan merek Ducati).

Namun Rossi selalu dikaitkan dengan Yamaha dan ini adalah masalah lain yang harus diselesaikan, karena tidak jelas apakah kolaborasi ini akan berlanjut atau tidak, mungkin dalam peran Brand Ambassador, seperti Biaggi dengan Aprilia. Tim MotoGP VR46 sebenarnya terkait dengan Ducati (Luca dan Bezzecchi), tetapi pada saat yang sama dia mengelola Tim Master Camp VR46 Yamaha di kelas Moto2.

Bagaimana kemungkinan Rossi untuk bisa balapan lagi di MotoGP meskipun sebagai wildcard?.. Dengan peraturan baru, sebenarnya, untuk mengendarai motor MotoGP seseorang harus terdaftar sebagai tes rider dan mengacu pada jumlah ban yang diizinkan untuk pengujian. Namun bagi Rossi, ini bukan masalah yang sulit untuk diatasi.

Mengingat dan menimbang di masa depan dia sebagai seorang ayah dan seorang pembalap mobil, dan ‘pemilik’ beberapa tim balap, kecil kemungkinannya bahwa Rossi juga ingin membuat komitmen untuk menjadi tes rider, namun kalau hanya sekedar mengendarai motor Ducati, bukan hal yang tidak mungkin..
(Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page