Gresini: Mantan Tim Honda dan Aprilia, Lebih Siap dari VR46?

RiderTua.com – Di MotoGP Gresini berusia 24 tahun, sudah terjun di MotoGP 500cc tahun 1997 dengan Alex Barros (Fortuna Honda Gresini) didirikan oleh mendiang Fausto Gresini dan 7 tahun terakhir dengan Aprilia.. Pada tahun 2015 Gresini Racing Team dan Aprilia melakukan joint venture, tapi sayang kerjasama ini berakhir pada musim 2021. Dan mulai tahun 2022, Gresini menjadi tim satelit Ducati. “Setidaknya struktur fisik di paddock sebagian besar sudah ada.. Tidak banyak perubahan, karena seluruh set-up di paddock milik Gresini. Bahkan ‘starting places’ yang digunakan proyek Aprilia Gresini selama 7 tahun terakhir adalah milik kami. Trailer truk berasal dari Gresini, begitu pula hospitality (ruang tamu). Semua peralatan, kotak barang, semuanya milik Gresini. Dan bahkan kami memiliki waktu untuk mengatur 2 trailer baru untuk tahun mendatang. Kita akan menggunakan 2 trailer bertingkat baru di balapan Eropa pertama di Portimao,” kata Carlo Merlini, PR Racing Events & Business Development Aprilia Gresini Racing.. Sementara tim MotoGP VR46 secara penuh dan berdiri sendiri sebagai tim MotoGP tahun 2022 (kemarin patungan dengan Avintia), jadi tim baru yang didirikan Valentino Rossi lebih muda 25 tahun dibanding tim Gresini.. Seharusnya Gresini lebih siap tahun depan dibanding VR46 sebagai tim yang lebih tua dan pengalaman..

“Saya juga ingin mengingatkan bahwa, sebelum dengan Aprilia kami adalah tim satelit Honda untuk waktu yang sangat lama. Ini dapat dikatakan, kami seperti sebelum bersama Aprilia,” tegas pria asal Italia itu.

Dari segi personel, perubahannya juga lebih besar. Merlini mengakui, “Jika melihat tim Aprilia tahun ini, saya akan mengatakan bahwa setengahnya adalah karyawan Aprilia dan setengahnya lagi berasal dari Gresini. Dengan menutup proyek Moto3, kami dapat memilih beberapa mekanik terbaik dan mempromosikan mereka ke MotoGP, bersama dengan beberapa tambahan baru dari Avintia. Dalam hal itu, itu adalah perubahan besar, tetapi semuanya terlihat bagus.”

Duo pembalap MotoGP mereka murni berdarah Italia. Dimana Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio, sudah betah bersama Gresini sejak di kelas kecil.

Terlepas dari putusnya kerjasama dengan Aprilia, Gresini memutuskan untuk tampil sebagai tim satelit Ducati mulai 2022 sebagai tim satelit ketiga bersama Pramac dan VR46. Pabrikan dari Borgo Panigale itu akan menerjunkan 8 Desmosedici GP di kelas MotoGP dengan jumlah total 24 pembalap untuk tahun depan.

“Meskipun kami berbicara dengan beberapa, opsi sebenarnya adalah Aprilia dan Ducati. Itu adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat. Biasanya Fausto akan melakukan itu, jadi kami menemukan diri kami dalam situasi berbicara dengan Aprilia dan Ducati,” kata Direktur Komersial Gresini itu.

Merlini meyakinkan, “Aprilia jelas merupakan pilihan. Mereka bertanya kepada kami apakah kami ingin melanjutkan hubungan kami sebagai tim satelit. Ducati adalah pilihan lain. Kami menimbang semua aspek dari sudut pandang olahraga, teknis dan tentu saja finansial. Ketika kami sampai pada titik menyatukan semuanya, kami merasa bahwa paket Ducati adalah pilihan terbaik secara keseluruhan. Mungkin yang paling menantang dalam beberapa hal. Tetapi kami ingin mengambil tantangan ini dan kami sangat senang dengan keputusannya. Sejauh ini bagus.”

Mengerjakan anggaran untuk proyek MotoGP sendirian di masa depan, berarti tantangan lain bagi tim asal Faenza-Italia itu. “Karena Aprilia mengurusi aspek komersial dari proyek MotoGP. Jadi kami harus menyusun ulang anggaran MotoGP dari awal. Mereka bukan kacang,” kata Merlini.

“Kami beruntung atau kami cukup baik dalam hal itu. Di Moto2 memiliki beberapa sponsor lama yang sangat setia dan semua sponsor asal Indonesia. Ketika saya memberi mereka kesempatan untuk masuk ke MotoGP dimana kesempatan ini tidak dimiliki Aprilia, mereka langsung mau memanfaatkannya.”

“Kami juga memiliki beberapa sponsor baru. Kami memulai sangat awal, karena kami tahu ini akan menjadi pekerjaan yang sangat sulit. Dibutuhkan banyak komitmen, banyak upaya dan hari ini saya dapat mengatakan bahwa anggaran diatur dengan sangat baik dan stabilitas tim tidak terancam,” pungkas Merlini yakin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page