Tahun Terbaik Zarco: Ducati Lebih Baik dari Yamaha?

0

RiderTua.com – Setelah dua kali finis di posisi ke-2 di balapan ganda pembuka musim di Qatar, Johann Zarco sempat memimpin klasemen meski hanya beberapa saat. Dua podium lagi di Le Mans dan Catalunya, berkontribusi pada fakta bahwa pembalap asal Prancis itu memasuki liburan musim panas sebagai peringkat 2 dalam klasemen dan pesaing pertama bagi Fabio Quartararo. Rider berusia 31 tahun itu belum bisa memastikan peringkat 2 di paruh pertama musim MotoGP 2021. Namun, pembalap Pramac Ducati itu tidak mau meremehkan peringkat-5  dunia yang diraihnya musim ini, saat di Yamaha dia peringkat ke-6 selama dua musim.. Sama-sama tim satelit, Ducati lebih terjamen dibanding saat di Yamaha dulu..?

Zarco: 2021 Musim MotoGP Terbaikku

Di paruh kedua musim, performa Johann Zarco menurun, dia tidak berhasil masuk 3 besar. Bahkan di GP Spielberg-2 dan di Austin dia mengalami crash. Di Aragon dia juga kehilangan poin setelah finis di posisi ke-17. Namun, pembalap asal Prancis itu puas dengan akhir musim (P5 di Portimao-1 dan P6 di Valencia). “Di Portimao saya menemukan kecepatan yang hilang saat balapan di Silverstone. Feeling saya bahkan lebih baik ketimbang di awal musim,” katanya.

“Peringkat 5 di Kejuaraan Dunia bagus. Itu berarti, ini musim terbaik saya di MotoGP. Oleh karena itu, ini positif. Di awal tahun saya mengatakan jika saya berada di 10 besar atau bertarung untuk 5 besar, itu akan bagus. Saya berhasil mencapai target itu pada akhirnya,” kata juara dunia Moto2 dua kali itu.

Pada tahun sebelumnya (saat masih di Avintia-Ducati), dia menyelesaikan musim di peringkat 13. Pada 2017 dan 2018, Zarco berada di peringkat 6 dengan Yamaha.

Tapi Zarco juga mengakui, “Ini memberi kesan bahwa target ini, peringkat 5 ini, tidak bagus karena saya sempat memimpin klasemen setelah Qatar. Dan berada di peringkat 2 untuk waktu yang lama, bahkan setelah Austria. Dan sepertinya sejak saat itu, saya kehilangan posisi. Tapi itu tetap peringkat yang cukup bagus sampai akhir dan itu sangat bagus.”

Terlepas dari penampilan yang beragam, faktanya adalah Zarco adalah pembalap tim satelit terbaik dan Pramac juga dinobatkan sebagai tim satelit terbaik musim 2021 berkat rookie top Jorge Martin.

“Saya telah menjadi pembalap tim satelit terbaik sejak Portimao, itu selalu menjadi target dan penghargaan yang ingin kita bawa pulang. Sebagai tim kami senang, kami melakukannya dengan baik. Dan tim juga sangat senang, karena saya lebih konsisten dan mencapai hasil yang luar biasa berkat Martin. Jadi saya pikir kami memiliki peluang untuk menjadi sangat kuat di tahun depan,” pungkas Zarco.

Leave a Reply