Lombok Sukses Gelar SBK Perdana di Mandalika

1

RiderTua.com – Terlepas dari masalah marshal dan terhalang hujan, dapat dikatakan bahwa pekerjaan yang dilakukan untuk balapan SBK pertama, sangat baik.  Lombok sukses gelar SBK perdana di Mandalika… Kompetisi balap SBK disambut di Indonesia dengan keramahan khas Asia Tenggara. Untuk pertama kalinya sejak 1997, Kejuaraan Dunia Superbike berlangsung di Indonesia selama akhir pekan kemarin. Mulai dari tahun 1994 dan seterusnya, 4 tahun berturut-turut digelar di sirkuit Sentul di pinggiran Jakarta. Lintasan balap di sana sudah rusak dan tidak lagi memenuhi standar internasional. Sirkuit Mandalika baru di Lombok benar-benar berbeda. Memiliki panjang 4.310 meter, 11 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri, trek lurus start-finish 507 meter. Philipp Ottl menggambarkannya sebagai ‘jalan raya Jerman dengan zona run-off Amerika’. Masih pertama dan belajar, pembangunan masih berlajut akan diselesaikan hingga digelar premier MotoGP pada Maret 2022

Lombok Sukses Gelar SBK Perdana di Mandalika

Lintasan balap ini terletak di pantai selatan Lombok, dimana tikungan 10 paling selatan hanya berjarak beberapa ratus meter dari pantai. “Ada kemungkinan di Tikungan 1, mungkin juga di tikungan 2,” jawab Scott Redding saat ditanya tentang area terbaik untuk manuver menyalip.

“Setelah itu, saya tidak melihat peluang hingga Tikungan 9, paling cepat lagi di Tikungan 10. Kita bisa mencobanya di dua tikungan terakhir, tapi itu terlalu berisiko. Jadi kita harus memulai balapan dengan baik,” imbuh pembalap berusia 28 tahun asal Inggris itu.

Mandalika adalah salah satu trek tercepat di kalender. Toprak Razgatlioglu mencapai kecepatan rata-rata 166.672 km/jam di posisi terdepan dengan ban kualifikasi. Pembalap Superbike hanya lebih cepat tahun ini di Assen (174,2 km/jam), Aragon (168,5 km/jam) dan Barcelona (166,9 km/jam).

Trek tersebut resmi beroperasi dengan nama ‘Pertamina Mandalika International Street Circuit’. Pertamina adalah perusahaan gabungan milik negara yang mencari sumber penghasilan dari produksi minyak dan gas alam.. Pertamina mengoperasikan jaringan SPBU terbesar dan mempekerjakan hampir 14.000 orang. Pada 2019, menghasilkan penjualan hampir mencapai 50 miliar euro (Rp 804 triliun).

Mandalika adalah nama daerah dimana sirkuit itu dibangun, karena ada juga pantai Mandalika.

Nama sirkuit Jalanan berasal dari fakta bahwa, itu adalah trek balap tidak permanen secara resmi. Namun, hanya beberapa tribun yang tidak permanen. Lintasannya dipagari sekelilingnya dan diberi tembok beton. Dari segi lalu lintas, menggunakan trek untuk jalur umum tidak masuk akal, karena tidak ada yang menghubungkannya.

Hingga Kamis malam menjelang balapan akhir pekan, trek masih terlihat disemen dan masih diotak-atik. Bahkan beberapa hal baru, selesai di menit-menit terakhir. Hal-hal lain belum selesai, dan akan diselesaikan hingga digelar premier MotoGP pada Maret 2022. Terlepas dari masalah marshal yang kurang terlatih, dapat dikatakan bahwa pekerjaan yang dilakukan untuk balapan SBK pertama, sangat baik.

Harapan untuk Kemajuan Ekonomi

Indonesia terdiri dari 17.508 pulau. Lebih dari setengah dari total 274 juta jumlah penduduk tinggal di pulau Jawa. Lombok adalah tetangga dari pulau Bali yang terkenal. Sekitar 3,5 juta penduduk tinggal di Lombok, dan sejauh ini pulau ini dikenal terutama karena pantai dan area berselancar yang bagus.

Berbeda dengan Bali, Lombok jauh lebih sedikit turis, yang juga disebabkan oleh infrastruktur yang jauh lebih rendah. Lombok hari ini seperti Bali 30 tahun yang lalu. Atau seperti Vietnam.

secara keseluruhan, banyak yang setuju untuk dijadikan lintasan balap. Karena banyak orang di Lombok mengharapkan lebih banyak pengunjung internasional dari sirkuit ini. Dan dengan demikian akan meningkatkan ekonomi serta pekerjaan yang lebih banyak dan lebih baik.

Yakin, dalam beberapa tahun kedepan akan ada lebih banyak hotel dan rumah baru di sekitar sirkuit. Mungkin membuat kecewa orang-orang yang sekarang memiliki rumah di sana.

1 COMMENT

Leave a Reply