Categories: Moto2MotoGP

Remy Gardner: Raul Sangat Cepat

RiderTua.com – Remy Gardner: Raul sangat cepat… Meski Remy Gardner hanya finis ke-10 di GP final musim di Valencia, pembalap berusia 23 tahun itu sukses merengkuh gelar Dunia Moto2 2021. Berselang 34 tahun, Remy dinobatkan sebagai Juara Dunia setelah papanya Wayne (juara dunia 500cc tahun 1987). Ini juga merupakan start GP ke-114 bagi Remy. Tim Red Bull KTM-Ajo bahkan merayakan kemenangan ganda di Kejuaraan Dunia, berkat Raul Fernandez yang luar biasa. Sejauh ini, hanya tim balap Marc VDS yang mencapai ini di Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2014 bersama Tito Rabat dan Kallio. By the way, Fernandez bahkan melampaui rekor Marc Marquez sebagai rookie, yang memenangkan 7 balapan sebagai rookie Moto2 pada tahun 2011. Sedangkan Raul berhasil memenangkan 8 kali balapan tahun ini!

Remy Gardner: Raul Sangat Cepat

Remy Gardner melaju untuk memenangkan gelar di Valencia dengan finis di posisi ke-10. “Itu adalah musim yang intens,” ujar pembalap asal Australia itu.

Pembalap berusia 23 tahun itu memiliki musim yang sangat kuat dan konsisten, dengan menorehkan 5 kemenangan, 6 kali finis ke-2 dan 1 kali finis ke-3, 12 podium dalam 18 balapan dan hanya 1 kali nirpoin pada awal Oktober di Texas. Yang membuat Fernandez mengejarnya dengan selisih 8 poin ketika hanya ada 3 balapan tersisa.

Tapi kemudian Raul melakukan kesalahan dengan crash di Misano-2, Remy muncul di balapan final dengan selisih 23 poin. Tempat ke-13 sudah cukup baginya untuk memenangkan gelar.

“Itu adalah musim yang menyenangkan, saya tidak pernah menahan napas. Raul telah menunjukkan performa yang luar biasa sepanjang tahun. Dia datang sebagai rookie dan memberi saya banyak tekanan. Dia membuat saya bekerja sangat keras untuk merebut gelar, itu sudah pasti. Ini adalah musim yang luar biasa, begitu banyak podium, begitu banyak balapan hebat, 4 kemenangan. Menakjubkan,” ujar Remy.

Tapi kemudian Remy meralatnya setelah diingatkan bahwa dia meraih 5 kemenangan musim ini. “Ya, benarkah? 5, tahun ini?” tanya pembalap berusia 23 tahun itu, yang tampaknya bukan ahli statistik yang hebat.

“Saya tidak bisa menghitungnya. Saya sudah sering berdiri di Parc Ferme,” katanya sambil tertawa.

Saat wawancara, pembalap KTM Ajo Red Bull itu menampilkan dirinya yang santai. “Kadang-kadang saya berakhir di tempat kedua, tetapi pada hari-hari seperti itu kita tidak bisa membiarkan diri kita merosot turun. Kita harus menikmati setiap momen,” imbuh Remy yang telah tinggal di Spanyol selama bertahun-tahun.

“Itu adalah tahun yang intens, terutama kuartal terakhir musim yang melelahkan dan membuat stres. Raul sangat cepat, saya membuat beberapa kesalahan, tetapi dia juga. Pada akhirnya, konsistensi adalah kunci kesuksesan. Terkadang itu hanya tentang menyelesaikan balapan dan mengambil poin sebanyak mungkin. Pada akhirnya, strategi ini membawa kami melintasi garis finis.”

Apa yang tanggapan Remy tentang race hari Minggu, yang hanya berlangsung 16 lap setelah restart? Dimana Gardner terlibat duel melawan Luthi dan Nagashima. “Pada start pertama saya berhasil menyelesaikan lap pertama dengan baik, kemudian insiden crash terjadi menimpa Vierge, Bezzecchi dan Baldassarri. Saya berhasil masuk ke dalam dan dekat dengan pembalap depan. Saya pikir ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk menunjukkan kecepatan yang baik sejak start, untuk memecahkan grup dan berada di antara yang terdepan,” jawabnya.

“Kemudian bendera merah berkibar, balapan pun distop. Setelah restart, saya tidak melakukan balapan dengan baik di lap pertama. Saya berada di dekat posisi ke-10, tapi itu sedikit menarik karena front pertempuran sengit, Raul berbaris ke depan. Saya tidak ingin terlibat dalam pertarungan, saya tinggal sedikit di belakang. Tapi kemudian saya mendapat kecaman dari pembalap di belakang. Jadi saya bekerja sedikit lebih keras dan menarik kelompok sedikit terpisah.”

Remy kagum dengan gaya balap agresif Tetsuta Nagashima dari tim Italrans. “Tetsu adalah rekan setim saya di masa lalu, tetapi dia tergila-gila dengan balapan, jadi saya memastikan jarak dengan dia cukup besar. Jadi saya bisa menyelesaikan balapan di posisi terhormat,” pungkas Remy.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024