Categories: MotoGP

Moto3: Akademi KTM Tak Semua Pakai Motor KTM

RiderTua.com – Moto3, Akademi balap KTM merupakan sistem promosi bakat baru pabrikan motor asal Austria itu. Mereka akan memiliki 4 pembalap yang menjanjikan di musim mendatang yakni Jaume Masia, Daniel Holgado, Deniz Oncu dan Adrian Fernandez. Dengan rookie Pedro Acosta, gelar juara dunia sekali lagi jatuh ke tangan pembalap dari tim Red Bull KTM Ajo. Setelah Sandro Cortese asal Jerman pada tahun 2012 dan Brad Binder asal Afrika Selatan pada tahun 2016, itu merupakan kemenangan gelar ketiga di Moto3 untuk tim asal Finlandia di bawah manajer tim Aki Ajo. Jaume Masia sebelumnya pernah di Honda (Leopard Racing), Daniel Holgado (GasGas-CEV Repsol), Fernandez (Husqvarna-Max Racing), hanya Deniz Oncu yang dari awal Moto3 dengan mesin KTM..

Akademi Balap KTM dengan Masia, Holgado, Oncu dan Fernandez

Sekarang, skuat telah ditetapkan untuk Akademi Balap KTM. Pada 2022, Tim Red Bull KTM Ajo bersama Jaume Masia dan pendatang baru Dani Holgado akan berlaga di kejuaraan dunia. Deniz Oncu dan Adrian Fernandez akan memperkuat tim Red Bull KTM Tech3. Pasangan rider ini dirancang dengan menggunakan kombinasi antara pengalaman, daya saing, pembalap muda dan bakat untuk mengamankan potensi sistem untuk musim berikutnya.

Line-up Akademi Balap KTM untuk 2022 menjamin musim yang menarik. Semua mitra yang terlibat sepakat, bahwa ini adalah organisasi KTM Balap Academy System yang paling efektif untuk mencapai hasil terbaik bagi setiap tim dan setiap pembalap yang didukung oleh KTM Factory Racing.

Masia membuktikan di musim pertamanya bersama Red Bull KTM Ajo, bahwa dia kompetitif. Termasuk kemenangannya di balapan pembuka Kejuaraan Dunia di Qatar, dia naik podium 3 kali. Artinya, pembalap asal Spanyol berusia 21 tahun itu meraih total 4 kemenangan, 6 podium, dan 4 pole position sepanjang kariernya hingga saat ini.

Berkat penampilannya yang luar biasa di Red Bull MotoGP Rookies Cup, Masia berada di peringkat ke-3 di klasemen akhir dan di Kejuaraan Dunia Junior Moto3, di mana dia saat ini memimpin klasemen keseluruhan. Holgado dianggap sebagai bintang masa depan balap motor Spanyol. Dalam tiga penampilannya di Kejuaraan Dunia Moto3, dia 2 kali finis di zona poin.

“2021 adalah musim yang sangat baik untuk tim kami dan untuk seluruh Akademi Balap KTM. Kami senang menjadi bagian dari keluarga ini, dan sistem yang kami buat bersama dengan KTM dan Red Bull,” kata bos tim Aki Ajo, yang dengan cermat membangun skuat yang kuat di masa lalu.

“Kami melihat bagaimana pembalap yang dilatih untuk menjadi pembalap top dalam struktur ini berhasil masuk ke MotoGP. Padahal, pembalap yang akan menempati 4 tempat KTM di kelas premier tahun depan semuanya berasal dari sistem ini. Kami menantikan musim 2022, karena kami akan memiliki beberapa pembalap yang sangat bagus di skuat kami,” imbuh Aki Ajo.

Bos tim asal Finlandia itu menambahkan, “4 pembalap yang akan menjadi bagian dari KTM Balap Academy di kategori Moto3 tahun depan telah menunjukkan bahwa mereka sangat kompetitif. Jaume Masia dan Deniz Oncu telah bersama kami dan berhasil menunjukkan potensi mereka. Kita sekarang memiliki pengalaman untuk memperjuangkan gelar tahun depan.”

“Pembalap muda Dani Holgado dan Adrian Fernandez adalah talenta terbaik masa depan di kelas ini dan di panggung dunia pada umumnya,” kata manajer tim asal Finlandia, yang yakin tentang keterampilan kuartet KTM.

“Kami sangat bersemangat mulai bekerja untuk musim 2022,” pungkasnya.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Kolaborasi Yamaha dengan FILA, Luncurkan Fazzio Edisi Spesial

RiderTua.com - Salah satu skutik Yamaha yang berkolaborasi dengan FILA yakni sebuah brand fashion terkenal, menghasilkan edisi spesial dari Fazzio…

25 April 2024

CEO Ducati : Performa Marc Marquez Tidak Bisa Disamakan dengan Pembalap GP24

RiderTua.com - Marc Marquez mengukuhkan dirinya sebagai pembalap GP23 tercepat pada 3 seri pertama MotoGP musim 2024. CEO Ducati Claudio…

25 April 2024

Neta Memulai Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Akhirnya Neta dapat memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia setelah memulai penjualannya sejak tahun lalu. Walau mereka baru…

25 April 2024

Citroen e-C3 Siap Diproduksi di Indonesia!

RiderTua.com - Walau Citroen mengimpor seluruh mobilnya dari luar negeri, modelnya dapat dijual dengan harga cukup terjangkau. Tentunya dengan kualitasnya…

25 April 2024

Aleix Espargaro : Fabio Quartararo Bertahan di Yamaha Bukan Hanya Karena Uang

RiderTua.com - Fabio Quartararo memilih tetap bertahan dengan Yamaha meski performa M1 sangat mengecewakannya. Aleix Espargaro ikut mengomentari hal ini, pembalap…

25 April 2024

Penjualan Mobil Listrik Ditargetkan Bisa Mencapai 17 Juta Unit?

RiderTua.com - Sejauh ini penjualan mobil listrik di seluruh dunia masih cukup bagus, walau dengan adanya penurunan tren di Eropa…

25 April 2024