Categories: Moto3MotoGP

Kilau Acosta Meredup oleh Dennis Foggia

RiderTua.com – Pemimpin Klasemen Moto3 Pedro Acosta kehilangan kilaunya alias meredup, dia telah kehilangan 76 poin dari bintang Honda Dennis Foggia dalam enam balapan terakhir. Selisih 21 poin di  dua balapan tersisa… Dan pada tahun 2022 Foggia akan kembali memiliki lawan yang kuat yaitu Sergio Garcia. Sejumlah pembalap Moto3 akan pindah ke Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2022, seperti Pedro Acosta, Romano Fenati (peringkat 5), ​​Niccolo Antonelli (peringkat 7), Andrea Migno (peringkat 10), Jeremy Alcoba (peringkat 12), Gabriel Rodrigo peringkat 16) Dan Filip Salac (peringkat 18). Peringkat 6 dalam klasemen yakni Darryn Binder, bahkan dipromosikan ke Kejuaraan Dunia MotoGP di WITHU-Yamaha-RNF Team. Dan pada tahun 2022 Foggia akan kembali memiliki lawan yang kuat yaitu Sergio Garcia di Moto3.

Line-up Rider Kejuaraan Dunia Moto3 2020

Tapi runner-up Dennis Foggia dan peringkat 3 Sergio Garcia tetap di Moto3. Peringkat 5 Jaume Masia, juga telah memperpanjang kontraknya dengan Red Bull KTM Ajo.

Tim Balap Petronas Sprinta tidak lagi aktif, (sekarang ditempati oleh John McPhee dan Darryn Binder). Tim Red Bull KTM-Ajo akan bertarung pada 2022 dengan Jaume Masia dan dengan Diogo Moreira asal Brazil dari Kejuaraan Dunia Junior.

KTM yang memenangkan Kejuaraan Dunia Moto3 pada 2012 dengan Cortese, 2013 dengan Maverick Vinales, 2016 dengan Brad Binder dan 2020 dengan Albert Arenas. Pada 2021 Acosta bisa mengklaim gelar juara dunia ke-5 untuk KTM. Honda memenangkan 5 Kejuaraan Dunia Moto3. Dengan Alex Marquez pada 2014, Dany Kent 2015, Joan Mir 2017, Jorge Martin 2018 dan 2019 dengan Lorenzo Dalla Porta.

Menariknya, Leopard Honda bersama Kent, Mir dan Dalla Porta selalu menang di tahun ganjil. Akankah Foggia melanjutkan prestasi ini pada 2021?

Tim Balap Sterilgarda Max milik Peter ttl dan Max Biaggi telah memperpanjang kontrak dengan Pierer Mobility AG selama 2 tahun. Bukan lagi dengan Romano Fenati dan Adrian Fernandez, melainkan dengan pasangan pembalap baru adalah Ayumu Sasaki dan John McPhee.

Tim Gaviota GASGAS Moto3 dari Aspar Martinez akan kembali bersaing dengan Sergio Garcia dan Izan Guevara. Pergantian Sergio Garcia ke tim baru Aspar GASGAS Moto2 fix ditunda.

Untuk Max Kofler (2020 dan 2021 Green-Power-CIP-KTM-Team of Alain Bronec) tidak ada tim balap baru meski finis di posisi ke-7 di GP Spielberg. Dia kemungkinan akan beralih ke Kejuaraan Dunia Supersport (300 atau 600 cc).

Tim Red Bull KTM Tech3 milik Herve Poncharal melanjutkan dengan Deniz Oncu asal Turki yang berusia 16 tahun, ditambah pemimpin Kejuaraan Dunia Junior Daniel Holgado, yang juga tampil bagus di Rookies Cup dan yang diskors seminggu yang lalu di Misano dan diganti Oncu di Tech3-KTM.

Berita terbaru: Adrian Fernandez (adik Raul) diizinkan membalap dalam 6 balapan pertama Kejuaraan Dunia 2022 di BOE Owlride dengan KTM. Karena David Munoz (runner-up Rookies Cup) akan absen sejak awal musim 2022 (6 Maret di Qatar) termasuk di Jerez, baru akan berusia 16 tahun pada 5 Mei.

Gresini Racing akan mundur dari Moto3 karena Kejuaraan Dunia MotoGP; Petronas Honda juga mundur. Tim VisionTrack Michael Laverty bergabung dengan tim di Honda. Meski demikian, line-up Honda turun menjadi 10 pembalap.

KTM akan diperkuat 14 pembalap, GASGAS dan Husqvarna masing-masing 2. Pada tahun 2022, Pierer Mobility AG dan mitranya dari Cina CFMOTO, akan menggunakan merek keempat dengan motor identik bertenaga 60 hp 250 cc empat langkah silinder tunggal di PrustelGP untuk pertama kalinya.

Line-up Tim Moto3 Untuk 2022:

Red Bull KTM Ajo
Jaume Masia, Diogo Moreira

Red Bull KTM Tech3
Deniz Oncu, Daniel Holgado

BOE Owlride KTM
David Munoz, Riccardo Rossi (diganti: Adrian Fernandez)

CIP Green Power KTM
Kaito Toba, Joel Kelso

Avintia VR46 Riders Academy KTM
Matteo Bertelle, Elia Bartolini

MTA Tonucci Racing KTM
Stefano Nepa, Ivan Ortola

MT Foundation 77 KTM
Syahrifuddin Azman, ???

Snipers Honda Team
Alberto Surra, Andrea Migno

CFMOTO Racing PrüstelGP
Xavier Artigas, Carlos Tatay

VisionTrack Honda
Scott Odgen, Joshua Whatley

Leopard Honda Racing
Dennis Foggia, Tatsuki Suzuki

GASGAS Aspar Team
Sergio Garcia, Izan Guevara

SIC58 Squadra Corse Honda
Josito Garcia, Lorenzo Fellon

Sterilgarda Max Racing Team Husqvarna
Ayumu Sasaki, John McPhee

Honda Team Asia
Andi Farid Izdihar, Yuki Kunii

This post was last modified on 1 November 2021 09:56

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Semua Rider Mengincar Tempat Enea Bastianini di Ducati

RiderTua.com - Mengenai performa kuat Enea Bastianini musim ini, usai GP Amerika Michael Laverty mengatakan, "Senang melihat performa Enea. Dia…

23 April 2024

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024