Peluang Indonesia Menggelar MotoGP

1
sumber: kemenpora.go.id

RiderTua.com – WADA, pada tanggal 7 Oktober, menyatakan organisasi anti-doping (NADO) Korea Utara, Thailand, dan Indonesia gagal mematuhi kode anti-doping dunia. Apakah peringatan dari badan Anti-doping WADA dapat mempengaruhi gelaran balap MotoGP, WSBK di Mandalika?.. Tidak jelas apakah peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang MotoGP di Sirkuit Jalan Internasional Mandalika pada 2022 dapat dipengaruhi oleh status ‘tidak patuh’ Badan Anti-Doping Dunia (WADA) terhadap organisasi anti-doping nasional Indonesia. Berikut tanggapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali..

Peluang Indonesia Menggelar MotoGP

foto: antaranews

Akibatnya, negara-negara yang disebutkan di atas tidak diperbolehkan untuk menjadi tuan rumah event regional, kontinental atau Dunia selama satu tahun, sampai mereka dipulihkan atau mengklarifikasi ulang. Keputusan ini dikhawatirkan berimbas pada sejumlah agenda kejuaraan dunia yang dijadwalkan digelar di Indonesia, di antaranya World Superbike (WSBK) dan MotoGP yang akan digelar di sirkuit Lombok.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di website Kementerian mengkonfirmasi pemberitahuan ketidakpatuhan WADA pada awal September dan bahwa tanggapan dari Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) belum memenuhi harapan WADA. Menpora telah mengomunikasikan masalah ini dengan LADI dan mengklarifikasi bahwa tidak cukupnya sampel LADI yang dikirim ke WADA terutama karena tidak aktifnya event olahraga di tanah air pada tahun 2020 yang disebabkan oleh krisis kesehatan.

“Inilah (krisis kesehatan) yang menyebabkan kurangnya sampel yang dikirim ke lab anti-doping di Qatar. Sedangkan pada tahun 2021 sampel dapat diambil dari Pesta Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua. Isu ini terutama tentang pengiriman sampel karena kami memang berencana untuk memberikan sampel pada tahun 2020,” kata Menpora..

Menurut bapak menteri yang optimistis masalah ini akan segera selesai dan menegaskan bahwa LADI dan pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memenuhi aturan yang ditetapkan WADA. “Kami juga menjelaskan tantangan yang dihadapi negara ini,” katanya lagi…

Sirkuit Mandalika direncanakan akan menjadi tuan rumah gelaran World Superbike (WSBK) pada November tahun ini, sementara kejuaraan MotoGP dijadwalkan pada Maret 2022. Kejuaraan Dunia Superbike akan memulai debutnya di Mandalika Indonesia pada 19-21 November, diikuti dengan gelaran MotoGP pada 18-20 Maret. Thailand memiliki waktu lebih lama, dengan jadwal MotoGP berikutnya pada 2 Oktober.

Sumber

1 COMMENT

Leave a Reply