Categories: MotoGP

Siapa Saja Kepala Mekanik di MotoGP?

RiderTua.com – Peran kepala mekanik sangat besar bagi rider MotoGP di era persaingan yang sangat ketat, karena dalam balapan kerjasama tim suatu keharusan.. Setelah berganti pabrikan, Maverick Vinales bekerja dengan kepala kru ketiga yang berbeda di musim ini. Di ​​Yamaha, pembalap berusia 26 tahun itu bekerja bersama Esteban Garcia (kini jadi ‘bos’ di tim KTM) hingga seri ke-6 di Mugello. Mulai dari GP Catalunya dan seterusnya, mantan kepala teknisi Valentino Rossi, Silvano Galbusera mengambil alih. Di pabrikan barunya Aprilia, Giovanni Mattarollo adalah kepala kru untuk rider asal Spanyol itu. Sebelumnya Mattarollo adalah bagian dari tim penguji pabrikan asal Noale-Italia itu.

Siapa Saja Kepala Mekanik di MotoGP?

Galbusera akan tetap bersama tim pabrikan Yamaha setidaknya sampai akhir musim. Dia bekerja bersama Franco Morbidelli, yang dipromosikan lebih awal setelah Vinales pergi. Di tim satelit Petronas SRT, Andrea Dovizioso mengambil alih M1 milik Morbidelli serta kepala krunya Ramon Forcada.

Bahkan sebelum awal musim, tukar kursi terjadi dengan motor dan di pit. Misalnya, Diego Gubellini dan David Munoz bertukar tempat di Yamaha, begitu pula Fabio Quartararo dan Valentino Rossi.

Tidak ada yang terlewat di Ducati. Jack Miller dan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia membawa kepala teknisi mereka sebelumnya, Cristhian Pupulin dan Christian Gabarrini ikut bersama mereka ke tim Ducati Lenovo.

Kepala kru lama Dovizioso, Andrea Giribuola kini menangani rookie Enea Bastianini di Esponsorama Racing. Adik Rossi, Luca Marini diberi Luca Ferracioli.

Marco Rigamonti beralih ke garasi Pramac dengan Johann Zarco. Tapi di sisi lain, Daniele Romagnoli tidak mengikuti Danilo Petrucci ke KTM. Sekarang dia bekerja dengan pendatang baru Jorge Martin.

Petrux mendapatkan Sergio Verbena sebagai kepala teknisi di Tech3. Karena Brad Binder menginginkan mantan pembalap asal Spanyol Andres Madrid sebagai kepala kru untuk tahun 2021. Dimana Binder pernah merengkuh kesuksesan dengan Madrid di tim Ajo di Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2017 dan 2018, serta pada 2020 di tim Red Bull Ajo Moto2 untuk pembalap asal Jepang Tetsuta Nagashima.

Sejak veteran tim Tech3-KTM Guy Coulon (66 tahun) mengundurkan diri dari karirnya, sebuah posisi menjadi kosong di line-up MotoGP KTM. Jadi, tidak sulit bagi manajer KTM Pit Beirer dan Mike Leitner untuk memenuhi keinginan rider asal Afrika Selatan itu, yang akan membentuk Factory Team bersama Miguel Oliveira pada 2021. Kepala kru Binder sebelumnya, Verbena kini bertindak sebagai chief technology officer untuk rekan senegaranya, Petrucci.

Miguel Oliveira mengambil alih Paul Trevathan yang berpengalaman dari Pol Espargaro untuk Tim Pabrik KTM Red Bull. Pria asal Selandia Baru yang tinggal di Belanda itu, telah menikmati kepercayaan Pit Beirer selama bertahun-tahun. Dia adalah kepala mekanik Jerman di Kejuaraan Dunia Motocross 250cc pada tahun 1999 dan 2000, yang merupakan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1997, 1998 , 2000 dan 2002 finish ketiga secara keseluruhan dan pada tahun 2001 sebagai runner-up keseluruhan.

Pol Espargaro bekerja dengan Ramon Aurín di Repsol Honda. Alex Marquez mengambil alih kepala kru lama Cal Crutchlow Christophe ‘Beefy’ Bourguignon di LCR.

Tim MotoGP dan Kepala Kru Mereka

Tim Monster Energi Yamaha
Fabio Quartararo: Diego Gubellini
Franco Morbidelli: Silvano Galbusera

Tim Repsol Honda
Marc Marquez: Santi Hernandez
Pol Espargaro: Ramon Aurín

Suzuki Ecstar
Alex Rins: Jose Manuel Cazeaux
Joan Mir: Francesco Carchedi

Tim Ducati Lenovo
Jack Miller: Cristhian Pupulin
Francesco ‘Pecco’ Bagnaia: Christian Gabarrini

KTM Red Bull Factory Racing
Brad Binder: Andres Madrid
Miguel Oliveira: Paul Trevathan

Tim Aprilia Gresini Racing
Aleix Espargaro: Antonio Jimenez
Maverick Vinales: Giovanni Mattarollo

Pramac Racing
Johann Zarco: Marco Rigamonti
Jorge Martin: Daniele Romagnoli

LCR Honda
Alex Marquez: Christophe ‘Beefy’ Bourguignon
Takaaki Nakagami: Giacomo Guidotti

KTM Tech3
Iker Lecuona: Nicolas Goyon
Danilo Petrucci: Sergio Verbena

Petronas Yamaha SRT
Andrea Dovizioso: Ramon Forcada
Valentino Rossi: David Munoz

Esponsorama Racing
Enea Bastianini : Andrea Giribuola
Luca Marini: Luca Ferracioli

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Maverick Vinales Benar-benar Tak Tersentuh

RiderTua.com - Saat start di GP Amerika, Pedro Acosta melesat bak roket dan langsung memimpin balapan untuk beberapa lap. Saat…

16 April 2024

All New Mitsubishi Triton Raih Lima Bintang Dari Tes Tabrak Australasian NCAP

RiderTua.com - Mobil pikap Mitsubishi, yaitu Triton, telah mendapatkan model generasi terbarunya sejak tahun lalu di Thailand. Pikap double cabin…

16 April 2024

Suzuki Naikkan Harga Baleno, Kompetitornya Masih Pertahankan Harga Lamanya

RiderTua.com - Suzuki telah menaikkan harga sejumlah mobilnya di Indonesia, baik model MPV maupun SUV. Kini giliran Baleno Hatchback yang…

16 April 2024

Hyundai Buka Suara Soal Munculnya All New Santa Fe di Indonesia

RiderTua.com - Hyundai telah memperkenalkan Kona Electric generasi terbaru pada Februari lalu, meski harga jualnya belum diumumkan. Sementara itu, mereka…

16 April 2024

Honda CR-V e:HEV Terjual 390 Unit Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda baru menjual dua mobil hybrid di Indonesia, itupun keduanya merupakan model CBU dari luar negeri. Termasuk CR-V…

16 April 2024

Fabio Quartararo : Finis ke-12? Saya Memperkirakan Lebih Buruk Dari Itu!

RiderTua.com - Menjelang GP Amerika, Yamaha berhasil memperpanjang kontrak Fabio Quartararo hingga akhir musim 2026. Meski hanya finis ke-12 pada…

16 April 2024