Honda Siapkan CBR Bermesin 4 Silinder?

0
(Astra Honda Motor)

RiderTua.com – CBR Series sudah menjadi lini produk motor sport unggulan Honda saat ini. Namun varian mesin lebih kecil belum menawarkan mesin 4 silinder seperti rivalnya, Kawasaki ZX-25R. Honda disebut-sebut sudah mempersiapkan model baru berupa CBR400RR dengan mesin 4 silinder. Bahkan sosoknya juga sudah muncul dalam bentuk render.

Baca juga: Honda Resmi Luncurkan Motor Trail CRF190L

Honda CBR400RR 4 Silinder Tengah Digarap

Biasanya motor 4 silinder bisa ditemukan pada motor dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Namun dengan beraninya Kawasaki menghadirkan motor bermesin 250 cc 4 silinder dalam model ZX-25R. Seakan mereka memantang merek roda dua lainnya untuk menghadirkan produk serupa.

Honda nampaknya sudah menjawab ‘tantangan’ dari Kawasaki, dengan menyiapkan model CBR400RR 4 silinder. Sosoknya sendiri mulai dibocorkan, dengan menampakkan tampilan sporty layaknya model CBR lainnya. Kesan dari model CBR600RR dan CBR1000RR-R terlihat jelas pada desainnya.

(Young Machine via Kompas Otomotif)

Makin Bertenaga

CBR400RR disebut akan mengusung suspensi depan upside down, lengkap dengan rem double disc brake serta kaliper rem Nissin. Sehingga membuat sistem pengereman pada model ini menjadi semakin lebih baik dari model CBR lainnya. Secara keseluruhan, sistem pengeremannya masih mengandalkan rem ABS.

Untuk mesinnya kemungkinan masih sama dengan spesifikasi dari model CBR400SF, hanya saja dengan mesin 4 silinder. Jadi bisa dipastikan kalau performanya akan meningkat drastis, tentunya untuk memberikan sensasi berkendara yang lebih baik dari sebelumnya. Walau soal fitur yang akan dibawakannya masih belum ada kejelasan.

Terlebih bocoran render yang beredar bisa saja berubah sewaktu-waktu, karena motor tersebut masih dalam tahap pengembangan. Terlepas dari sejumlah spekulasi tersebut, setidaknya Honda bisa membawa motor sport 4 silinder bermesin dibawah 500 cc untuk melawan ZX-25R. Walau bukan berupa motor 250 cc, itu saja sudah cukup bagi Honda.

Leave a Reply