Motor EV Husqvarna E-Pilen Muncul di Pameran Otomotif

0
(Electric Vehicle Web)

RiderTua.com – Husqvarna sudah lama mempersiapkan motor terbarunya bertenaga listrik murni, yaitu E-Pilen. Model ini sempat terungkap lewat sketsa yang pernah bocor sekitar bulan September 2020 lalu. Kini Husqvarna menampilkan prototype E-Pilen dalam pameran Munich International Motor Show 2021. Modelnya tak jauh berbeda dengan yang pernah dibocorkan sebelumnya.

Baca juga: Husqvarna Punya Naked Bike Kembar, Ini Bedanya

Husqvarna Tampilan Prototype E-Pilen

Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau E-Pilen adalah ‘saudara’ dari Svartpilen dan Vitpilen, duo naked bike unggulan Husqvarna. Melihat dari desain motor ini, masih ada kesan dari Vitpilen maupun Svartpilen. Hanya saja E-Pilen nampak lebih kurus karena tak menggendong mesin konvensional.

E-Pilen yang dipajang di Munich International Motor Show 2021 tak ada bedanya dengan bocoran sebelumnya. Motor ini menampakkan aksen warna kuning fluro khas Husqvarna pada bodinya, yang juga menjadi ciri khasnya. Desainnya yang tegas dan modern, menambah kesan sporty yang dimiliki E-Pilen ini.

(Kompas Otomotif)

Motor Listrik

Husqvarna sendiri tak menjelaskan lebih lanjut soal kapan mereka memproduksi E-Pilen, tapi disebutkan model ini baru dijual tahun depan. Artinya merek asal Swedia tersebut sudah jauh hari mempersiapkan tempat produksinya. Terutama baterainya, yang sempat dipermasalahkan karena begitu rumit.

E-Pilen menggendong tiga baterai listrik yang didapat dari perusahaan aliansi dengan merek motor di dunia. Selain Husqvarna, ada juga KTM, Honda, Yamaha, dan Piaggio yang masuk ke dalam aliansi tersebut. Mereka bekerja sama untuk mengembangkan baterai listrik khusus motor agar menekan harganya tak semakin mahal.

Ketiga baterai ini dapat tahan hingga jarak 100 km dalam kondisi baterai penuh, serta menghasilkan tenaga 10,7 hp. Tenaganya cukup kecil untuk ukuran naked bike seperti E-Pilen, tapi setidaknya itu sudah cukup. Siapa tahu Husqvarna bisa meningkatkan performanya agar lebih bertenaga lagi.

Leave a Reply