Categories: MotoGP

Ada Sisi Lain dari ‘Koin’ Valentino Rossi

RiderTua.com – Ada sisi lain dari koin Valentino Rossi… Tidak banyak tokoh olahraga di dunia dengan status dan profil seperti Valentino Rossi. Tapi bintang balap motor itu selalu tetap stabil dan mudah didekati. Ada perbedaan besar saat konferensi pers pengunduran diri Jorge Lorenzo di GP Valencia 2019. Ketika itu ada sekitar 500 orang memadati Media Center. Di Spielberg kemarin, karena aturan jarak dan protokol kesehatan yang ketat dari Dorna, hanya ada selusin perwakilan media yang diizinkan untuk ambil bagian, dan beberapa fotografer. Media dari Italia mencoba berontak, karena hanya 4 dari mereka yang diizinkan untuk mendengarkan langsung Rossi di ruang bawah tanah. Sementara yang lain harus menonton siaran langsung di Media Center. Legenda, ikon, superstar, pahlawan, figure of light adalah penggambaran yang pantas disandang oleh pemenang GP 115 kali dan juara dunia 9 kali itu. Dorna memutar video yang menyoroti karier unik Rossi.

Ada Sisi Lain dari Koin Valentino Rossi

Saat itu Jorge Lorenzo mengizinkan anggota tim dari seluruh paddock dan semua pembalap lainnya hadir saat konferensi pers. Sementara Rossi, hanya ada satu pembalap MotoGP yang diam-diam menyelinap ke konferensi pers yakni bintang Ducati yang penasaran, Jack Miller.

Valentino Rossi selalu tetap mudah didekati bahkan di tahun-tahun kesuksesan terbesarnya. Dia selalu punya dan masih punya waktu untuk para penggemarnya. Saat di GP Misano, dengan sahabatnya Uccio, Rossi menandatangani lebih banyak tanda tangan ketimbang semua pembalap MotoGP lainnya.

Dan jika kita berkendara 10 km ke Tavullia dari Misano, kita akan melihat ribuan plakat 46 di semua bangunan, pagar taman, di gereja, di depan kedai kopi, di depan bar, dan pusat olahraga. Dan jika kita memesan cappuccino, kita akan mendapatkan bubuk kakao 46 yang dihiasi busa susu putih.

Sementara di kampung halaman Dani Pedrosa, Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan rekan-rekan pembalap lainnya, tidak ada yang seperti itu. Paling-paling, hanya kampung halaman Marc Marquez di Cervera-Spanyol.

Rossi telah menjadi salah satu tokoh olahraga paling populer di dunia selama bertahun-tahun dan tingkat kepeduliannya tak terukur.

Tapi dia tidak suka mendengar superlatif ini. Dia tetap membumi, dia tidak ingin membandingkan dirinya dengan mega bintang seperti Tiger Woods, Roger Federer atau Michael Jordan.

“Saya pikir perbedaan antara saya dan pembalap top lainnya dalam sejarah balap motor adalah tingkat kepeduliannya. Saya tidak tahu alasan pastinya. Tapi saya bisa membuat orang tertarik dengan MotoGP, meski belum pernah melihat olahraga ini sebelumnya. Saya memperkenalkan olahraga GP kepada banyak orang,” ujar Rossi.

“Tanpa saya, mereka tidak akan tertarik dengan kelas 125, 250, 500 cc atau MotoGP, terutama di Italia. Jadi dalam beberapa tahun pertama karir GP saya, saya berhasil membangkitkan emosi orang normal. Saya sangat bangga akan hal itu, karena itu adalah sesuatu yang sangat istimewa ”

Sejurus kemudian, Valentino menambahkan, “Tapi ada juga sisi lain dari koin. Sejak semua orang tiba-tiba mengenali saya, kehidupan sehari-hari saya menjadi lebih sulit. Saya selalu di bawah tekanan, mereka selalu mengharapkan penampilan top baru. Pada saat yang sama, kita harus mengubah kehidupan pribadi kita dalam fase seperti itu. Tapi saya selalu berusaha untuk menjaga semuanya senormal mungkin. Saya tidak ingin membalikkan segalanya. Saya menerimanya karena itu adalah sisi lain dari koin dan juga bagian dari bisnis.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024