Pengganti GP Thailand, Balapan Lagi di Le Mans atau Jerez?

1
MotoGP rider

RiderTua.com – Sejak 5 balapan harus dibatalkan pada 2021, tempat baru sedang dicari untuk menggantikan GP Thailand. Tapi ada hambatan di mana-mana. Setelah pembatalan GP Thailand di Buriram pada 3 Oktober, tim Dorna Sports sedang mencari tempat baru untuk seri balapan ke-19 di musim 2021. Saat ini skenario yang berbeda sedang didiskusikan. Negosiasi berlangsung dengan promotor GP Le Mans, Claude Michy, yang mengingat penampilan kuat Fabio Quartararo dan Johann Zarco (peringkat 1 dan 2 di Kejuaraan Dunia), jelas tertarik untuk menggelar balapan lagi di Prancis. Tetapi satu-satunya tanggal yang mungkin adalah 26 September. Karena balapan di luar Eropa direncanakan di Texas dan Malaysia. Sementara suhu udara di Le Mans pada akhir Oktober atau bahkan di November akan terlalu rendah. Tapi yang pertama, akan ada 4 balapan yakni di Aragon, Misano, Le Mans dan Austin pada 4 pekan berturut-turut. Dan yang kedua, Michy hanya tertarik jika dia diizinkan untuk membawa masuk penonton. Dan itu sangat meragukan saat ini, karena kondisinya.

Pengganti GP Thailand, Balapan Kedua di Le Mans atau Jerez?

Herve Poncharal selaku Presiden asosiasi tim IRTA sekaligus pemilik tim KTM Tech3 berkata, “Saya berbicara dengan Claude Michy. Saat ini GP Le Mans kedua sangat tidak mungkin. Perjalanan Kejuaraan Dunia ini tidak dapat berlangsung sebelum akhir September. Dan saat ini tidak ada yang bisa memperkirakan bagaimana situasinya dan apakah penonton akan diizinkan masuk.”MotoGP rider

Itu sebabnya petinggi Dorna sibuk mencari solusi lain. Ide menggelar balapan kedua di Circuit of the Americas (COTA) sempat mengemuka beberapa waktu lalu. Karena COTA sudah penuh dipesan untuk acara lain di akhir pekan, sebelum dan sesudah 3 Oktober. Dan mulai dari 22-24 Oktober, ajang Formula 1 akan digelar di sana. Tiga acara publik olahraga motor besar seperti itu dalam waktu 4 minggu, akan terlalu menuntut secara finansial bagi para penonton di Texas.

Jika balapan motor digelar Silverstone Inggris, ada sedikit kekhawatiran tentang hal itu. “Tapi sejauh ini semuanya baik-baik saja dengan Silverstone,” lapor seorang pejabat Dorna pada hari Kamis lalu.

Sedangkan Las Termas belum menggelar event apapun sejak gedung pit terbakar, jadi sejauh ini tidak ada balapan di Argentina yang direncanakan. Bahkan jika tanggal 10 atau 17 Oktober akan cocok dengan konsepnya.

Misano Ganda..

Secara teoritis, GP Misano kedua pada 26 September adalah yang paling memungkinkan. Karena balapan pertama pada tanggal 19 September, sebanyak 23.000 penggemar diizinkan masuk setiap hari.

Dorna juga sedang memikirkan GP Jerez kedua dengan nama GP Andalusia. Misalnya, bisa terjadi pada 31 Oktober atau bahkan 24 Oktober jika GP Sepang harus dibatalkan.

Saat ini pihak Malaysia tidak menunjukkan adanya masalah. Tapi tim tetap waspada. Karena tes MotoGP yang sedianya digelar pada Februari 2021, harus dibatalkan secara mendadak meskipun waktu itu semua menjanjikan hal positif.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menganggap balapan kedua di Sirkuit Bugatti-Le Mans tidak mungkin digelar. “Tapi kami mencoba mengadakan 19 balapan. Ini akan sulit. Tetapi jika hanya 18 balapan, kita bisa ‘hidup’ dengannya,” ujar Ezpeleta.

Herve Poncharal setuju dengan bos Dorna, Ezpeleta. “17 balapan akan menjadi masalah. Tapi 18 akan baik-baik saja,” ujarnya.

Kalender 2021 harus direvisi beberapa kali. Pertama Argentina jatuh pada bulan April, kemudian KymiRing, kemudian Jepang dan Australia dihapus, dan sekarang Thailand juga.

GP Qatar kedua digelar sebagai pengganti, GP Spielberg kedua dan Portimo juga dipromosikan ke jadwal pada 18 April dan 7 November.

Kalender MotoGP 2021 saat ini (per 21 Juli)

  1. 28 Maret: Doha / Qatar
  2. 04 April: Doha / Qatar
  3. 18 April: Portimao / Portugal
  4. 02 Mei: Jerez / Spanyol
  5. 16 Mei. Le Mans / Prancis
  6. 30 Mei: Mugello / Italia
  7. 6 Juni: Barcelona / Catalunya
  8. 20 Juni: Sachsenring / Jerman
  9. 27 Juni Assen / Belanda
  10. 8 Agustus: Red Bull Ring / Austria
  11. 15 Agustus: Red Bull Ring / Austria
  12. 29 Agustus: Silverstone / Inggris
  13. 12 September: Aragon / Spanyol
  14. 19 September: Misano / Italia
  15. 03 Oktober: Sirkuit Amerika / AS
  16. 24 Oktober: Sepang / Malaysia
  17. 07 November: Portimao / Portugal
  18. 14 November: Valencia / Spanyol

1 COMMENT

Leave a Reply