Categories: MotoGP

Rins Sudah Kehilangan 2 Mesin, Panik Gak Ya?

RiderTua.com – Alex Rins sudah kehilangan dua mesin. Yang aneh, mesin ke-4 harus di tarik dari alokasi di FP1 di Jerman tanpa menyelesaikan sesi. Saat ini alasan ‘penarikan prematur’ ini tidak diketahui, panik gak ya ada ‘kerusakan langka’ ini?… Setelah menjalani 9 seri, Alex Rins sudah kehilangan dua mesin yang digunakan di pertengahan musim ini. Dalam kondisi musim di mana pengembangan mesin dibekukan, keandalan mesin lebih penting. Tim mengetahui risikonya jika banyak mesin yang rusak dan harus ditarik dari alokasi. Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales kena penalti dan harus start dari pit lane di GP Valencia 2020, karena jatah mesin sudah habis dan memakai mesin baru.. Siapa kira-kira pembalap yang ‘boros’ mesin di paruh pertama musim ini..?

Rins Sudah Kehilangan 2 Mesin, Panik Gak Ya?

Menurut data yang diberikan oleh Dorna, sebagian besar pembalap membuka jumlah mesin yang sama, meskipun dalam beberapa kasus operasional dan yang tersedia berbeda. Sehingga tim menghadapi paruh kedua musim dengan volume mesin yang kurang lebih sama, tahun ini mereka memiliki jatah tujuh mesin, sembilan bagi tim Aprilia yang memiliki hak konsesi.

Yang harus waspada adalah Alex Rins dari tim Suzuki mereka tidak bisa tenang.. Pembalap Spanyol itu telah membuka empat mesin, dua di antaranya sudah rusak. Dalam kasus mesin nomor-3, dia mengalami crash di Portimao, Jerez dan Le Mans..

Sebaliknya, mesin ke-4 harus dipensiunkan di FP1 di Jerman tanpa menyelesaikan sesi. Saat ini alasan penarikan prematur ini tidak diketahui, tetapi pabrikan Hammamatsu memutuskan bahwa adalah tepat untuk mengakhiri paruh pertama musim dengan mesin 1 dan 2.

Luca Marini, Morbidelli, Marquez 1 Mesin Rusak

Pembalap Ducati Luca Marini juga membuka 4 mesin dan satu rusak, yang sejak FP1 di Belanda dibiarkan tanpa mesin keduanya, yang dia buka di GP Qatar. Situasi yang kurang lebih serupa dialami oleh Franco Morbidelli, yang dengan tiga mesin terbuka bersaing dengan dua mesin yang beroperasi. Sementara itu, Marc Marquez juga memiliki mesin yang tidak berfungsi sejak FP1 GP Belanda, terpaksa membuka mesin keempat.

Joan Mir mengalami situasi yang berbeda, sudah membuka empat mesin dan bisa dipakai semua. Pembalap Suzuki ini mengelola pemakaian mesin ini dengan relatif baik, meskipun dia sadar bahwa perubahan kondisi musim dapat menimbulkan masalah yang signifikan baginya.

Pembalap Honda lain yaitu Pol, Alex dan Nakagami tidak ada kerusakan mesin satupun. Dalam kasus rekan setimnya, Pol Espargaro adalah satu-satunya dari tiga pembalap tersisa yang balapan dengan tiga mesin terbuka, sementara pembalap LCR Honda Alex Marquez dan Takaaki Nakagami balapan dengan empat mesin terbuka.

Hal serupa terjadi di Yamaha, Franco Morbidelli menjadi satu-satunya yang telah melepas satu mesin rusak. Di tim resmi, kedua pembalap membuka mesin keempat pada hari Sabtu di GP Belanda, sementara Valentino Rossi membuka mesin keempat di GP Jerman.

Dalam kasus Ducati, hanya Luca Marini yang mengalami kerusakan 1 mesin, sedangkan pembalap Ducati lainnya mempertahankan keempat mesin yang sudah dibuka. Dengan cara ini, mereka memastikan keandalan dan manajemen mesin mereka, bergantian selama balapan.

Pabrikan Austria KTM bersaing untuk pertama kalinya tanpa konsesi, sesuatu yang harus mereka perhatikan.. Tim resmi KTM memakai 4 mesin yang masih bisa beroperasi, sedangkan satelit KTM Tech3 mereka telah membuka lima mesin.

Akhirnya, Aprilia, yang merupakan satu-satunya pabrik dengan konsesi di lintasan. Mereka memiliki 9 mesin untuk menyelesaikan musim ini.. Mereka hanya membuka empat unit mesin. Mereka masih punya stok lima mesin segar yang tersedia untuk mengakhiri musim, jadi tidak mengherankan jika dalam balapan berikutnya mereka memakai mesin baru untuk balapan atau saat kualifikasi.. Dan memanfaatkan mesin yang sudah terbuka untuk latihan bebas.

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024

Marc Marquez Bahagia: Di Qatar Duel Melawan Martin, di Portimao Bertarung dengan Pecco!

RiderTua.com - Marc Marquez kehilangan peluang meraih kemenangan di GP Amerika karena masalah pengereman, sehingga rider Gresini Ducati itu gagal…

18 April 2024

Siap Dibawa Trabasan! Modifikasi Honda CB350 RS Jadi Motor Scrambler

RiderTua.com - Dirt Freak Jepang yang menyediakan banyak sparepart modifikasi, kini mereka mengenalkan Honda CB350 RS yang telah dimodifikasi menjadi…

18 April 2024

Toyota Alphard Masih Memiliki Banyak Pesanan di Indonesia

RiderTua.com - Toyota memang cukup sukses dalam menjual mobil di Indonesia, terbukti dengan angka penjualannya yang tinggi selama ini. Bahkan…

18 April 2024

Daihatsu Sigra yang Memimpin Penjualan Mobil LCGC Bulan Lalu

RiderTua.com - Tidak bisa dipungkiri kalau Daihatsu mampu menjadi salah satu merek mobil terlaris di Indonesia. Walau mereka lebih unggul…

18 April 2024