Valentino Rossi-Gresini Kolaborasi dengan Ducati, Suzuki Menanti

1

RiderTua.com – All Italia Team, Valentino Rossi (di GP Jerman) dan Gresini Racing (hari ini) akan meresmikan kesepakatan membentuk tim MotoGP ketiga dan keempat dengan motor Ducati (total 8 motor Ducati di grid). Tim VR46, kontrak tiga tahun dengan motor spek pabrikan (GP22) untuk Marini dan GP 21 untuk Bezzecchi. Sementara Gresini kontrak dua tahun dengan Bastianini (dibayar Ducati) dan Di Giannantonio (kontrak Gresini).. Awalnya baik Rossi dan Gresini sebenarnya ada rencana menjadi tim satelit Suzuki.. Keragu-raguan petinggi Suzuki dan kepergian Davide Brivio membuat negosiasi terhenti.

Valentino Rossi-Gresini Kolaborasi dengan Ducati, Suzuki Menanti

Paddock MotoGP akan memberikan dua pengumuman penting lagi. Gresini Racing hari ini akan mengumumkan kemitraan baru dengan Ducati, pada akhir pekan ini juga akan menyusul tim VR46 milik Valentino Rossi. Untuk tim besutan Fausto Gresini ini merupakan pabrikan ketiga-nya, setelah menjadi tim satelit Honda dan Aprilia. Setelah kematian manajer Fausto, sudah lama ada pertanyaan tentang apakah akan tetap menjadi tim satelit Aprilia atau dengan Ducati. Mereka juga berdiskusi dengan Suzuki, sama seperti tim Valentino Rossi. Namun keragu-raguan petinggi Suzuki dan kepergian Davide Brivio membuat negosiasi terhenti. Pada akhirnya diputuskan untuk lanjut dengan Ducati, juga karena hubungan antara Fausto dan Aprilia telah berkurang intensitasnya.

Seperti dilansir media Italia, La Gazzetta dello Sport, Aprilia mencoba meyakinkan Gresini Racing dengan menawarkan ‘harga sewa motor’ yang lebih rendah: sekitar 3,5 juta Euro dibandingkan dengan sekitar 5 juta Euro. Selain membayar gaji pembalap dan peluang pengembangan, namun Aprilia belum meraih podium sejauh ini. Nadia Gresini dan anak-anaknya Lorenzo dan Luca, atas saran Carlo Merlini, akhirnya memutuskan untuk mengikuti keinginan Fausto dan berganti pabrikan. Setelah mencapai kesepakatan dua tahun dengan Borgo Panigale, pembalapnya adalah Fabio Di Giannantonio (kontrak Aprilia) dan Enea Bastianini (kontrak Ducati).

Perjanjian (tiga tahun) antara tim Aramco VR46 milik Valentino Rossi dan Ducati juga bisa diumumkan di GP Sachsenring. Desmosedici GP22 tersedia untuk Luca Marini, sedangkan GP21 untuk Marco Bezzecchi. Di paddock MotoGP ada beberapa keluhan tentang kemungkinan dominasi merek di masa depan. Dan untuk klaseman konstruktor yang sepertinya ditakdirkan untuk didominasi oleh Ducati. Namun kondisi ini juga tidak akan mudah untuk mengelola delapan pembalap muda yang ambisius…

Pembaruan kontrak antara Yamaha dan Petronas juga diperkirakan segera terjadi, yang sepertinya akan lebih cepat dari pengumuman antara Ducati dan VR46. Perpanjangan kontrak antara Yamaha dan tim Malaysia tidak mudah. “Momok” Valentino Rossi membuat dialog cukup panjang. Apalagi setelah Razlan Razali mengetahui bahwa mereka jauh lebih menguntungkan bagi Rossi. Saat itu, manajer SRT Petronas meminta agar dirinya tidak lagi dianggap hanya sebagai pelanggan, tetapi sebagai mitra penting.

Nasib Valentino Rossi selama liburan musim panas masih harus dibahas. Franco Morbidelli akan memiliki motor spek pabrikan musim depan. Joe Roberts bisa jadi akan menjadi rekan setimnya, yang juga dilirik oleh Aprilia, sementara Raul Fernandez ‘dikerangkeng’ oleh KTM.

1 COMMENT

Leave a Reply