Honda Patenkan Sistem Clutch-by-Wire, Kopling Tanpa Kabel?

1

Kalau kita mengenal throttle by wire system (TBW) di mana merupakan teknologi gas tanpa kabel (seling) yang menghubungkan selongsong gas dengan area karburator / injektor bensin.. Kini para insinyur di Honda sibuk menatap masa depan dengan kreasi terbaru mereka yaitu dengan memperkenalkan patent sistem ‘clutch-by-wire’ untuk sepeda motor..

Honda Patenkan Sistem Clutch-by-Wire, Kopling Tanpa Kabel?

Mirip dengan cara kerja sistem ‘brake-by-wire’, penggerak kopling dimulai dengan mengukur tekanan yang diberikan ke tuas kopling oleh pengendara, dan kemudian mengirimkan sinyal elektronik ke clutch slave cylinder (clutch release cylinder), yang mereplikasi dan menerapkan gaya itu pada kopling, baik menghubungkan atau melepaskannya.

Teknologi ‘clutch-by-wire’ mungkin tampak seperti kerumitan yang tidak perlu untuk sepeda motor produksi massal, lalu apa sih fungsi dari sitim ini?.

  • Sistem clutch-by-wire dapat membantu menambah alat bantu pengendara yang sudah seperti launch control, traction control dan quickshifter .
  • Teknologi ini juga dapat memudahkan kopling sepeda motor untuk beroperasi seperti transmisi otomatis, yang dapat menjadi keuntungan lebih banyak bagi pengendara sepeda, atau menghilangkan masalah dari situasi berkendara yang membosankan, seperti dalam kondisi lalu lintas ‘stop-and-go’.
  • Dibawa ke tingkat yang lebih rendah, kopling yang dikontrol secara elektronik dapat secara lebih tepat menghubungkan dan melepaskan kopling selama perpindahan gigi untuk membantu memperlancar transisi antara pergantian gigi, dan membantu aplikasi ‘hill-start assist’ (fitur yang sangat membantu saat berada ditanjakkan).

Meskipun pedal kopling telah menghilang di dunia roda empat, penggunaan brake-by-wire dan tindakan elektronik serupa lainnya menjadi lebih dari meresap di sektor otomotif. Hanya masalah waktu sebelum industri sepeda motor mengikutinya.

1 COMMENT

Leave a Reply