Kapan Nissan Z Dirilis Resmi Secara Global?

1
(Car and Driver)

RiderTua.com – Beberapa bulan lalu, Nissan sudah meluncurkan model Z Proto sebagai pengganti dari 370Z alias Fairlady Z. Sportcar ini sebenarnya masih dalam bentuk konsep dan bakal diwujudkan sebagai model produksi massal. Nampaknya tak lama lagi Nissan akan segera memproduksi Z Proto. Ini terbukti setelah spyshot dari model tersebut beredar di dunia maya.

Baca juga: Beda Nasib Nissan Magnite di India dan Indonesia

Tak Lama Lagi Nissan akan Memproduksi Z Proto

Sudah cukup lama sejak Nissan mengenalkan Z Proto kepada publik. Mobil sport ini dihadirkan sebagai pengganti dari 370Z yang sudah cukup berumur, terlebih Nissan ingin menghadirkan model yang lebih modern dari itu. Walau sebenarnya nama Z Proto bukanlah nama resminya karena masih berupa prototype.

Tapi sepertinya tak lama lagi merek asal Jepang tersebut akan mengenalkan model tersebut tak lama lagi. Belakangan ini beredar spyshot yang disebut-sebut sebagai sosok Z Proto model produksi massal tengah melakukan uji jalan di suatu daerah di Colorado, Amerika Serikat. Meskipun hampir seluruh bodinya tertutup stiker kamuflase, dari bentuk desainnya mendekati model Z Proto, walau ada sedikit perbedaan pada grille-nya.

(Japanese Nostalgic Car)

Model Konsep

Meskipun nampak tak banyak berubah dari model Z Proto, lampu depannya mengalami sedikit ubahan, mungkin untuk menyesuaikan desainnya. Ini mungkin senada dengan apa yang diungkapkan Nissan sebelumnya, bahwa model finalnya takkan jauh berbeda dengan konsepnya. Hanya saja dengan sedikit tambahan trim dan penyesuaian untuk menambah kesan sporty.

Mobil yang juga bakal disebut sebagai 400Z ini kemungkinan akan menggendong mesin 3.000 cc V6 twin-turbocharger bertenaga 400 hp. Nissan ingin menghadirkan model terbaru yang lebih bertenaga tapi mempertahankan kesan retro ala model Z-Series lawas. Sehingga banyak orang bisa kembali bernostalgia dengan sportcar Nissan yang pernah tenar dulu.

Dari rumor yang beredar, Z Proto atau 400Z ini akan melakoni debut perdananya pada akhir tahun 2021 mendatang. Soal harga kemungkinan dibanderol hingga Rp 500 juta, jadi model ini bisa bersaing dengan Toyota Supra atau 86.

1 COMMENT

Leave a Reply