Suzuki Hayabusa Siap Catat Rekor Baru Lagi?

0
Suzuki Hayabusa yang melegenda
(motorcycle.com)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Hayabusa disegani sebagai salah satu sepeda motor tercepat di dunia. Motor berjenis supersport dari Suzuki ini sudah menorehkan sejumlah rekor, tapi ternyata masih ada yang ingin melakukannya. Pembalap Isle of Man TT asal Inggris, Guy Martin, disebut tertarik untuk memecahkan rekor kecepatan dengan Hayabusa. Tapi tentunya sejumlah ubahan diberikan agar motor ini dapat melaju kencang.

Baca juga: Suzuki GSX-S1000 Model Terbaru Dirilis, Lebih Gahar!

Guy Martin Tertarik Memecahkan Rekor Dengan Hayabusa

Memang Hayabusa dirancang sebagai motor yang dapat melaju sangat kencang, baik di jalan biasa maupun lintasan sirkuit. Dalam keadaan standar, model ini mampu melaju hingga kecepatan maksimum 300 km/jam. Tapi bagi Guy Martin, hasil tersebut masih kurang cepat dan ingin membuat Hayabusa melaju lebih cepat lagi.

Pembalap ini menargetkan dapat memecahkan rekor kecepatan dengan motor Hayabusa miliknya hingga 480 km/jam! Tentu ini jauh lebih cepat dari kecepatan standarnya, dan dirasa tak mungkin tercapai untuk model motor bongsor seperti Hayabusa. Agar bisa melaju secepat itu, Martin memberikan sejumlah ubahan pada motor ini.

(Gaadiwaadi via Kompas Oto)

Motor Modifikasi

Hayabusa hasil modifikasinya nampak begitu polos dengan warna abu-abu, dan absennya lampu depan-belakang serta spion menjadi ubahan yang begitu mencolok. Bagian belakang motor nampak gemuk dengan roda belakang yang tertutup oleh bodi motor. Tentu saja penampilan tak terlalu dipentingkan, karena yang difokuskannya yaitu ubahan aerodinamika serta performa motor.

Sayangnya Martin tak menjelaskan ubahan yang diberikannya pada Hayabusa ini. Yang jelas mesin 1.340 cc DOHC 4 silinder inline tak memiliki perbedaan kentara, hanya saja performanya bakal ditingkatkan lebih jauh dengan turbo. Sehingga dengan semua itu, Hayabusa hasil modifikasinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 830 hp!

Belum jelas kapan pemecahan rekor kecepatan dengan Hayabusa ini akan dimulai, tapi Martin sudah siap untuk melakukannya. Terlebih berbekal pengalamannya di Isle of Man TT, mengemudikan motor super seperti Hayabusa takkan menjadi masalah baginya.

Leave a Reply