Penjualan Mobil Terancam Anjlok Lagi di Bulan Mei?

0
(GridOto.com)

RiderTua.com – Saat ini angka penjualan mobil sudah menunjukkan pemulihan secara bertahap. Itu berkat adanya insentif pajak yang diberikan untuk sejumlah model tertentu yang memenuhi syarat. Namun ditengah kabar gembira tersebut, muncul kekhawatiran kalau suatu waktu penjualan mobil bisa anjlok kembali. Ini terkait dengan adanya larangan mudik pada tahun ini.

Baca juga: Penjualan Mobil Bulan Maret 2021 Capai 85 Ribu Unit!

Kekhawatiran Penjualan Mobil Bisa Anjlok Kembali

Insentif mobil yang diterapkan sejak awal Maret lalu terbukti meningkatkan hasil penjualan hingga 70 persen. Dengan total penjualan yang nyaris menyentuh angka 85 ribu unit, hasil ini sudah jauh lebih baik dari bulan sebelumnya, bahkan sepanjang tahun 2020 lalu. Banyak produsen sudah mulai merasakan dampak dari insentif tersebut.

Namun sepertinya semua itu bakal sirna dengan adanya larangan mudik yang akan kembali diberlakukan tahun ini. Tak sedikit yang khawatir kondisi ini bakal seperti yang terjadi sebelumnya pada tahun lalu di bulan yang sama. Saat itu, penjualan mobil bulan Mei 2020 mengalami penurunan drastis, bahkan menjadi yang terparah.

(Toyota Europe Newsroom)

Penjualan Naik Turun (Lagi)?

Mengenai itu, Gaikindo sebenarnya tak melihat ini sebagai suatu ancaman serius bagi produsen otomotif di Tanah Air. Tentu saja dengan adanya insentif yang sudah diberikan sebelumnya, diharapkan bisa tetap menjaga angka penjualan diatas 50 ribu unit. Bahkan kalaupun tak tercapai sekalipun, penjualan tetap berjalan seperti biasa.

Meskipun begitu, Gaikindo hanya bisa berharap larangan mudik tersebut tak memberikan dampak serius bagi penjualan mobil seperti yang terjadi pada tahun 2020. Terlebih kondisi pasar saat ini masih belum sepenuhnya memulih dan perlu waktu lama agar pasar bisa pulih seperti sediakala. Produsen juga masih harus berhati-hati agar menjaga angka penjualannya bisa stabil hingga akhir tahun nanti.

Walau belum diketahui seperti apa hasil penjualan mobil bulan ini, tapi semoga saja bisa lebih baik dari bulan Maret. Apalagi dengan bertambahnya model yang mendapat insentif, maka angka penjualan diprediksi bisa sedikit ditingkatkan lebih jauh lagi.

Leave a Reply