Data Crash Horor Jorge Martin Dibandingkan Marquez dan Loris Baz

0

RiderTua.com – Data crash horor Jorge Martin menunjukkan dia menerima benturan hingga 26 G.. Pada FP3 hari Sabtu pagi, 6 menit sebelum berakhir, Jorge Martin crash dan terlempar di tikungan 7 Autodromo Internacional do Algarve-Portugal. Foto-foto yang beredar saat crash, sungguh mengerikan. Alpinestars sebagai penyedia baju balap, baru-baru ini mengungkap seberapa parah kecelakaan itu sebenarnya, dibandingkan crash Marquez dan Loris Baz ?

Data Crash Horor Jorge Martin Dibandingkan Marquez dan Loris Baz

Data yang dipubilkasikan oleh Alpinestars, secara mengesankan menggarisbawahi betapa kuatnya crash yang menimpa Jorge Martin itu. Kecelakaan itu terjadi dalam 5,2 detik, dari aktivasi pertama airbag hingga saat rider asal Spanyol itu tergeletak di kerikil. Sebagai perbandingan, crash serius yang dialami Marc Marquez di GP Jerez-Spanyol pada 19 Juli 2020 di Jerez berlangsung 3,5 detik.

Marc Marquez Crash Jerez 2020

Parahnya lagi, Martin berulang kali harus menerima hantaman dengan lebih dari 20 g. Pada lembar data kecelakaan, terlihat ada total 7 tip lebih dari 20 g. Hanya dalam 3 detik, benturan sekitar 25 g mengenai tubuhnya sebanyak empat kali.

Dan dua kali dihantam beban lebih dari 26 g. Sebagai perbandingan, nilai tertinggi yang telah diukur Alpinestars sejauh ini, 29,9 g dalam kecelakaan Loris Baz yang berkecepatan mencapai 290 km/jam sebagai bagian dari tes Sepang pada 2016. Sementara crash Marc Marquez (highside) di Q2 GP Malaysia 2019, tercatat 26, 27 g.

Akibat kecelakaan horor itu, Martin mengalami beberapa patah tulang di kedua tangan, pergelangan kaki kanan dan kepala tibialis kiri. Dia menjalani total tiga operasi yang dilakukan pada Rabu sore. Saat ini dia memulihkan diri di RS Dexeus di Barcelona. Pihak Pramac Ducati mengumumkan Jorge Martin akan comeback di GP Italia Mugello pada akhir Mei mendatang.

Leave a Reply