Meski Tak Didampingi Kepala Krunya, Joan Mir Tampil Mengesankan

0

RiderTua.com – Meski tak didampingi kepala krunya, Joan Mir tampil mengesankan… Juara Dunia MotoGP Joan Mir mampu membukukan waktu lap yang luar biasa di FP2 GP Portugal meski menggunakan ban soft. Dia mampu menempati posisi ke-3, meskipun hanya didampingi kepala kru sementaranya Tom O’Kane. Menanggapi hasil pencapaiannya ini, pembalap berusia 23 tahun itu berkata, “Saat FP1, saya bisa langsung merasa cukup baik. Yang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Saya bisa cepat dengan semua kompon ban dan kami mampu mengatur catatan waktu yang cukup bagus dengan ban soft,” ungkap pembalap Suzuki itu pada Jumat malam di Portimao.

Meski Tak Didampingi Kepala Krunya, Joan Mir Tampil Mengesankan

Joan Mir menambahkan, “Hari ini kami tidak memiliki cengkeraman yang baik di trek. Tapi saya bisa merasakan ban bekerja sangat baik, itu positif. Biasanya kami tidak banyak menggunakan ban baru. Hari ini kami meningkat hampir 1 detik. Itu lebih normal.”

Mir juga mengungkapkan bahwa, pada akhirnya dia ingin mengatasi kelemahannya saat kualifikasi. “Mungkin besok kita akan memiliki grip yang lebih baik, saya harap setidaknya begitu. Lihat saja bagaimana besok, tapi saat ini baik-baik saja,” imbuh pembalap asal Spanyol itu.

Fakta bahwa ‘crew chief’ Joan Mir, Frankie Carchedi hanya bisa bekerja dari jarak jauh karena sakit sepertinya tidak membawa dampak negatif pada kru Suzuki. Tom O’Kane dari Tim Penguji Suzuki terbukti menjadi pengganti yang layak untuk Mir.

Joan Mir menjelaskan, “Kami mampu mengelolanya dengan sangat baik. Tom sangat berpengalaman tapi dia tidak ingin pamer, dia hanya ingin melakukan pekerjaannya. Ini sangat penting. Frankie ada di balik layar, dia dan Tom sering berdiskusi, termasuk dengan Claudio (Rainato, insinyur elektronik).”

“Setelah melakoni setiap sesi, kami selalu melakukan video call. Jadi saya bisa menjelaskan keadaanku kepadanya. Kami melakukan pekerjaan dengan baik. Memang Frankie tidak ada di sini, tapi aku tahu dia mengisolasi diri dan bekerja keras bak binatang buas. Dia tidak memiliki gangguan apapun jadi dia hanya berkonsentrasi pada pekerjaannya,” pungkas pembalap asal Spanyol itu sambil tertawa.

By the way, pada musim 2020 lalu, Joan Mir gagal finis dan hanya melakoni 10 lap saja di Portimao. Meski begitu dia berhasil mengamankan gelar Juara Dunia motoGP 2020 disini.

Leave a Reply