Fabio Quartararo: Penampilan Marc Marquez Luar Biasa

0

RiderTua.com – Fabio Quartararo: Penampilan Marc Marquez luar biasa… Dalam sesi latihan bebas pertama MotoGP di Autodromo International do Algarve di Portimao, Fabio Quartararo duduk di posisi ke-2. Pemenang GP Qatar-2 itu kalah 0,340 detik dari waktu tercepat yang ditorehkan pembalap Ducati Pecco Bagnaia. Pembalap Monster Energy Yamaha itu saat ini menempati peringkat ke-2 di Kejuaraan Dunia dengan 36 poin, terpaut hanya 4 poin dari pemimpin klasemen Johann Zarco. Pembalap asal Prancis itu mampu mengungguli rekan setimnya Maverick Vinales di FP2, dimana Vinales sempat mendominasi di FP1.

Fabio Quartararo: Penampilan Marc Marquez Luar Biasa

Tahun lalu, Fabio merasa kesulitan menaklukkan sirkuit Portimao. Dia hanya mampu finis di urutan ke-14 dan hanya bisa mendulang 2 poin saja. Tapi pada balapan musim ini, pembalap belia berusia 21 tahun itu merasa jauh lebih baik. “Perasaan saya dengan motor bagus. Tapi kondisi lintasan agak buruk di pagi hari. Tapi saat FP2, motor bekerja sangat sempurna, meski gripnya tidak bagus,” ungkapnya.

Bagaimana pendapat Fabio Quartararo mengenai performa Marc Marquez di balapan perdananya setelah absen cukup lama? Pembalap asal Prancis itu menjawab, “Jelas, saya tidak menduga Marc berpenampilan bagus seperti ini. Karena saya tidak tahu kondisi mentalnya. Dan saya juga tidak tahu seberapa kompetitif Honda. Performa Marc sangat luar biasa. Dia melaju cepat putaran demi putaran. Kita bisa melihat Marc yang sama persis seperti dulu.”

Dibandingkan dengan musim 2020, dimana Fabio hanya finis di posisi ke-14 dan kalah 24,3 detik dari pemenang (Miguel Oliveira/KTM), jelas di musim ini dia mengalami peningkatan yang cukup sigifikan. Bagaimana perasaan Fabio dengan hasil ini?

Dia menjawab, “Yah, saya bisa merasakan ada peningkatan dibanding tahun lalu. Secara mental saya juga lebih kuat. Kini saya memperkuat tim pabrikan, situasi ini jelas berbeda di banding tahun lalu dimana saya masih di tim satelit. Saat balapan di Portimao tahun lalu, mood saya waktu itu sedang tidak baik lantaran saya terjatuh 2 kali di Valencia. Kini semua berubah. Saya bisa menyelesaikan dua balapan awal musim di Qatar dengan baik. Saya yakin bisa mencapai hasil yang cukup memuaskan, di trek menanjak dan menurun ala Portimao.”

Meski Yamaha biasanya tidak kompetitif dalam kondisi grip rendah, ‘El Diablo’ mampu menunjukkan performa mengesankan pada latihan bebas hari Jumat. “Saya senang, motor Yamaha 2021 tampaknya bekerja dengan baik meski dalam kondisi seperti itu. Bagi kami itu sangat penting.”

“Karena kami tahu, motor Ducati lebih cepat ketimbang kami saat cengkeramannya besar. Saya yakin, jika gripnya disini lebih baik Yamaha pasti akan melesat lebih jauh kedepan. Saya penasaran, apakah besok gripnya akan lebih baik? Bagaimanapun, sekarang kami telah meningkat ketimbang tahun lalu, dan itu positif,” pungkasnya.

Leave a Reply