Honda APE50 Type D

0

HONDA APE100/50, Lineup Type D dilengkapi dengan rem cakram hidrolik di roda depan dan belakang. Meskipun terhitung kecil Ape 100/50 ini dapat dinikmati secara tandem alias boncengan meskipun dengan jarak tempuh yang terbatas (bukan touring). Kapasitas mesin 99cc dengan horsepower maksimum di angka 6.3PS pada putaran mesin 8.000rpm..

Torsi Maksimum 0.67kgf. m @ 6.000rpm, di mana berat totalnya adalah 90kg.. Sementara kapasitas tangki mampu menampung 5.5 liter bensin..

Mesin Honda Type-A adalah two-stroke engine dengan rotary valve, lebih konvensional. Mesin ini kemudian dijuluki ‘bata-bata’ karena suaranya yang khas. Mesin A-Type berkubikasi 50 cc dan menghasilkan tenaga 1 hp (0,7 kW) @ 5000 rpm. Mulai November 1946 mesin ini dipasang pada sepeda ..

Mesin Honda Type-B dibangun pada 1948. Sasis baja dibuat oleh pemasok luar dan ditata sebagai roda tiga dengan satu roda depan. Mesin 89 cc..

Mesin Honda Type-C adalah kendaraan roda dua dengan berpenggerak belt. Dengan rangka tubular yang dirancang oleh Honda dan dibangun dengan membuat pedal sepeda seperti model-model sebelumnya.. Tenaga motor C-Type bersumber dari mesin 96 cc dan menghasilkan 3 hp (2,2 kW).


Tipe D merupakan mesin dua langkah silinder tunggal berpendingin udara seperti Tipe C tetapi dengan volume mesin meningkat menjadi 98 cc dan tenaga pada 3 hp (2,2 kW) @ 5000 rpm. Karburator berada di depan mesin dan knalpot di belakang. Pengapian digerakkan oleh magneto, dan motor dihidupkan dengan kick-start dibantu oleh dekompresor. Transmisinya semi-otomatis dua kecepatan yang mengintegrasikan kopling dengan pedal roda gigi, penggunaan pertama dari transmisi semacam itu di sepeda motor. Roda belakang digerakkan oleh rantai, bukan belt. Rem depan dan belakang drum. D-Type disebut sebagai model Honda pertama tanpa pedal sepeda.

APE 100 harganya setara dengan 39 juta rupiah (290ribu Yen). Sementara yang 50 cc harganya sekitar 37 jutaan (di Jepang)

Honda D-Type adalah sepeda motor full-fledged pertama yang diproduksi oleh Honda. Motor ini juga dikenal sebagai Tipe D dan Model D, dan merupakan seri model pertama dari Honda yang diberi nama Dream. D-Type diproduksi dari 1949 hingga 1951.

Leave a Reply