Mobil Listrik yang Dipentingkan Ketimbang Hibrida?

0
(Auto Express)

RiderTua.com – Saat ini populasi mobil ramah lingkungan di Indonesia mulai tumbuh dengan pesat. Meskipun demikian, belum ada yang dirakit maupun dikembangkan secara lokal, entah itu hybrid atau listrik. Namun Hyundai menyarankan untuk mementingkan mobil listrik daripada hybrid. Padahal lebih baik melakukan transisi ke mobil hibrida terlebih dahulu ketimbang langsung loncat ke EV.

Baca juga: Mercedes-AMG Mulai Serius Garap Mobil Listrik?

Hyundai Menyarankan Mobil Listrik Daripada Hybrid

Mobil listrik dan hybrid memang sama-sama berupa mobil eco friendly, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar. Jika model hybrid masih bergantung pada mesin bensin, listrik murni sepenuhnya mengandalkan motor listrik dengan baterai. Selain itu, harga model hibrida terkadang sedikit lebih murah dari EV.

Tapi apa yang dipikirkan oleh Hyundai Motor Indonesia malah sebaliknya, dimana EV yang lebih penting dari hybrid. Alasannya? Mobil listrik menghasilkan emisi lebih rendah jika dibandingkan dengan konvensional maupun hibrida. Dengan begitu, EV menjadi solusi untuk mengatasi masalah polusi udara serta memulihkan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

(InsideEVs)

Pentingkan Pabrik Baterai Mobil Lebih Dulu?

Mungkin kedengarannya cukup bagus, karena memang mobil listrik dapat menghasilkan emisi lebih rendah dari hibrida. Namun tentu saja era elektrifikasi semuanya dimulai dari mobil hybrid atau PHEV (plug-in hybrid), atau bahkan hidrogen. Barulah setelah semuanya siap, mobil listrik bisa diwujudkan.

Tapi tentu ada tantangan yang harus dihadapi oleh produsen otomotif di Indonesia, termasuk Hyundai. Pabrik khusus perakitan baterai mobil belum tersedia disini, meskipun sebelumnya disebutkan sudah ada yang mengurusinya. Namun belum jelas kapan pabriknya bisa beroperasi penuh.

Selain itu, masyarakat masih bergantung pada mobil konvensional, walau ada juga yang menggunakan model hybrid. Semuanya membutuhkan proses yang cukup panjang, walau dengan itu Indonesia akan tertinggal dari negara lain soal mobil listrik.

Leave a Reply