Dramatis, ‘Reshuffle Podium’ Mir di Final Lap dan Cerdiknya Slipstream Bagnaia!

0

RiderTua.com – Ada drama menarik di meter-meter terakhir GP Qatar-1, duo pembalap Ducati, Johann Zarco dan Pecco Bagnaia tidak membiarkan Joan Mir begitu saja menjejakkan kakinya di podium dengan mudah. Ada peristiwa reshuffle (perubahan susunan) podium dari Mir di final lap dan cerdiknya slipstream yang dilakukan Bagnaia. “Memang benar aku sedikit melebar. Biasanya, saya memiliki lebih banyak momentum. Saya sudah melihat garis finis, tapi powerku tidak cukup untuk melawan Ducati,” kata Mir kesal.. Johann Zarco mengaku menggunakan kelebihan power Ducati untuk mengalahkan Suzuki di akhir race, “Kami menggunakan kekuatan kami,” katanya.. Bagnaia juga dengan cerdiknya memanfaatkan slipstream tepat di belakang Zarco yang sedang berakselarasi maksimal keluar tikungan akhir..

Reshuffle Podium Mir di Final Lap dan Cerdiknya Slipstream Bagnaia

Johann Zarco mengakui kecepatan Yamaha M1 Vinales susah dibendung.. Berisiko raibnya podium jika tampil memaksa, bahkan untuk meladeni bangkitnya Mir dan Bagnaia yang sedang merangsek setelah drop dalam 10 lap terakhir harus cermat. “Mir overtake saya di beberapa tikungan terakhir, tapi berkat motornya saya bisa tetap di depannya. Kami telah memanfaatkan power kami. Kami keluar dari tikungan dengan sempurna dan Mir melebar,” ujarnya.

Pemenang hanya ditentukan di garis kotak-kotak, bukan tikungan terakhir.. Dua pembalap Ducati itu jelas tidak akan membiarkan Mir melenggang ke podium Qatar.. Mustahil untuk tidak melakukan overtake dan membiarkan juara bertahan itu menjejakkan kakinya di podium. Seperti yang telah disebutkan, kemenangan ducati atas Suzuki di podium merupakan kepuasan besar bagi Zarco. “Ini adalah podium pertama di Losail.. Dan saya tahu bahwa motor dan tim memiliki potensi untuk menang.”

Betapa kuatnya akselerasi motor Ducati

Dalam kesempatan itu Bagnaia yang sudah hancur bannya menggunakan ‘angin’ Zarco untuk membantunya melesat bersama-sama mengalahkan Joan Mir… Jelas Pecco mendapat bantuan ‘tarikan’ dari efek slipstream yang secara alami dia lakukan saat berada dibelakang motor cepat milik rekan merek-nya dari Pramac Ducati itu..

Sementara Joan Mir Kesal… “Memang benar aku sedikit melebar. Biasanya, saya memiliki lebih banyak momentum. Saya sudah melihat garis finis, tapi powerku tidak cukup untuk melawan misil-misil Ducati ini,” kata Mir kesal karena saat itu dia baru saja berhasil menempati posisi kedua di lap terakhir.

Leave a Reply