Finish Kedua dari Belakang, Masalah Suspensi Misterius Membelit Franco Morbidelli, Motor Lama?

0

RiderTua.com – Masalah suspensi misterius membelit Franco Morbidelli dalam race Qatar-1, apakah ini ada hubungannya dengan motor M1 versi lama yang dia gunakan?… Akibatnya dia finis di urutan kedua dari belakang dalam balapan perdana musim 2021 ini. Dilaporkan ada masalah pada perangkat (device) holeshot yang memaksanya menyelesaikan balapan di urutan ke-18. Dia sudah tahu ada yang tidak beres dengan motornya saat balapan berlangsung, namun kenapa dia tidak berhenti dan masuk garasi saja?… ” Saya tetap balapan (meskipun motor rusak) untuk menghormati tim saya dan orang-orang yang telah bekerja dengan saya dan yang lebih penting untuk mempelajari masalahnya dengan lebih baik,” kata Franky.

Finish Kedua dari Belakang, Masalah Suspensi Misterius Membelit Franco Morbidelli, Motor Lama?

Bencana tak terduga bagi dua pembalap Petronas Valentino Rossi dan Franco Morbidelli pada balapan pertama musim MotoGP 2021. Jika Valentino finis di urutan ke-12, runner-up tahun lalu (Franky) lebih buruk lagi. Padahal banyak yang menjagokan dia (salah satu favorit juara), tetapi malah tenggelam di grup belakang setelah beberapa lap. Apakah masalah elektronik membuat Franky menderita?.. Sepertinya ada kerusakan pada bagian belakang motor sehubungan dengan perangkat holeshot (yang bisa turun saat diaktifkan). Motor lama (mereka sebut spec-A) miliknya pada bagian suspensi belakang tidak bekerja, memaksanya untuk melaju lebih lambat satu detik dari kondisi normal….!

Berada di barisan terakhir ke-18, didepan Lorenzo Savadori dia tertinggal 23 detik dari Maverick Vinales sang pemenang balapan hari itu… “Kami memiliki masalah di grid, tapi kami memutuskan untuk tetap balapan.. Ini adalah masalah yang perlu kami selidiki karena saya pikir itu terjadi beberapa kali selama akhir pekan juga. Tetapi dalam balapan kami dengan jelas melihat ada sesuatu yang salah dan sayangnya kami harus tampil dengan performa buruk. Itu memengaruhi saya sepanjang balapan. Saya tidak dapat memberi tahu Anda apa itu karena kami belum yakin. Kami mencoba memahami dengan baik apa itu,” jelas Franco Morbidelli.

Menghormati tim

Kemungkinan besar masalah terkait dengan perangkat holeshot. Dalam beberapa hari akan ada balapan kedua di Losail dan Franco Morbidelli akan mencoba menebusnya. “Pada dasarnya, bagian belakang motor mulai terasa ‘aneh’, seperti tidak ada peredamnya (suspensi). Saya tidak bisa menikung cepat. Yah, saya bisa berbelok, tapi saya bisa melakukannya tapi lebih lambat satu detik. Inilah efek dari kendala bagian belakang motor itu. Kami belum tahu penyebabnya. Kami coba selidiki, saya yakin orang-orang Yamaha akan membantu saya dalam masalah ini,” tambah Morbido.

Terlepas dari masalah teknis yang serius, pembalap Italia-Brasil itu memutuskan untuk terus balapan hingga menyentuh garis finis, dengan alasan..  “Menghormati tim saya dan orang-orang yang bekerja dengan saya dan untuk mempelajari masalahnya dengan lebih baik,” pungkasnya.

Leave a Reply