Melawan Waktu: Savadori dan Alex Marquez Harus Segera Pulih

0

RiderTua.com – Melawan waktu: Savadori dan Alex Marquez harus segera pulih… Balapan MotoGP pembuka musim di sirkuit Losail-Qatar akan segera digelar 9 hari lagi. Pada 26-28 Maret para pembalap harus bersiap kembali ‘menjilat’ aspal sirkuit dekat kota Doha itu. Tentu bagi Alex Marquez dan Lorenzo Savadori mereka berdua juga ingin melakoni balapan pertama dengan mulus. Namun sayang, keduanya kini sedang berjuang untuk pulih dari cedera yang mereka alami. Begitu pula dengan bintang Repsol Honda Marc Marquez yang juga ingin segera kembali ke lintasan secepat mungkin.

Melawan Waktu: Savadori dan Alex Marquez Harus Segera Pulih

Marc Marquez sudah mulai mencoba motor gede di sirkuit Montmelo, sehingga diperkirakan dia bisa turun di balapan pembuka musim di Qatar. Juara dunia 8 kali itu punya waktu hingga akhir bulan ini, karena GP Qatar-1 di Sirkuit Internasional Losail dimulai pada 28 Maret.

Pembalap asal Spanyol berusia 28 tahun itu absen sejak upaya comeback-nya yang gagal pada 25 Juli 2020. Kini dia bukan satu-satunya pembalap yang cedera di lintasan MotoGP. Saudaranya Alex Marquez dari tim LCR Honda Castrol dan rookie Aprilia Lorenzo Savadori, saat ini juga berjuang dengan cedera.

Saat melakoni tes di Qatar (4 hari dari 5 hari yang direncanakan), hampir setiap hari Alex Marquez terjatuh. Jika crash pertama hanya menderita lecet ringan, tapi saat terjatuh pada hari Kamis Alex harus menderita lebih parah. Konsekuensinya dia harus mengakhiri tes lebih cepat, total dia hanya melahap 36 lap. Alex terjatuh highsider di tikungan 9, dan mengalami retakan kecil pada tulang metatarsus kanan.

Adik dari Marc Marquez itu berkata dalam sesi jumpa persnya, “Saya pikir patah tulang ini tidak akan menimbulkan masalah bagi saya. Bahkan jika para dokter tidak mengizinkan saya membalap, kami sudah memiliki dasar yang baik untuk balapan nanti. Saya belum tahu, bagaimana keputusan dokter yang akan memeriksa kebugaran saya, mengizinkan atau tidak untuk membalap. Jika mereka inginkan saya balapan, maka saya akan balapan. Sakit pada tulangnya belum hilang sama sekali, di Le Mans tahun 2017 dan 2018 saya tetap membalap dengan tulang patah yang sama, tapi di sebelah kiri.”

Masih Menjalani Rehabilitasi

Savadori mengalami cedera saat menjelang sesi latihan sebelum tes pribadi di Jerez. Sejauh ini, dia belum pulih 100 persen dari cedera bahu. Dia mengaku, “Saya berharap bisa menggunakan kekuatan penuh saya selama balapan. Saya menjalani hari-hari tes yang melelahkan, karena rasa sakit itu mengganggu saya dan belum juga membaik. Masalahnya adalah, saya juga tidak bisa istirahat.”

Tapi bukan hanya rasa sakit yang membatasinya. Di sisi lain, pembalap asal Italia itu setidaknya mendapatkan pengobatan. Dia juga kekurangan kekuatan di lengannya, Savadori membenarkan hal itu. Dia menyelesaikan tes di Qatar dengan catatan waktu gabungan 2,5 detik di belakang… sebagai pembalap reguler paling lambat.

Baik Alex Marquez dan Lorenzo Savadori harus ada di Qatar di awal musim, dan tidak menutup kemungkinan Marc Marquez akan kembali di balapan awal. Dia berkata, “Tapi saya tidak bisa menjanjikan, karena selalu ada pasang surut saat menjalani rehabilitasi.”
Tapi faktanya, proses pemulihan terus berlanjut untuknya.

Leave a Reply