Joan Mir: Kecepatan Ducati Menakutkan, Kami Setara dengan Yamaha!

0
Deja Vu Moto3 Qatar 2017: Martin Pole Mir yang Menang?

RiderTua.com – Joan Mir terbelalak mendapati kecepatan puncak motor merah Ducati di tes Qatar kemarin.. “Kecepatan Ducati menakutkan…! Top Speed Ducati selama tes di Qatar, membuat Joan Mir takjub. Tapi menurutnya, top speed tidak menentukan segalanya. Itulah alasan, mengapa juara dunia MotoGP 2020 dari tim Suzuki itu senang berada di posisi ke-6. Saat di garasi dan mengetahui dalam daftar top speed Ducati ‘makin ganas’, Joan Mir menarik napas dalam-dalam dan berkata, “Johann Zarco lebih cepat 14 km/jam. Itu seharusnya membuat kita takut. Kami akan memiliki masalah jika duel melawannya saat balapan. Kami setara dengan Yamaha,” ujar Mir.

Joan Mir: Kecepatan Ducati Menakutkan

Selama mengamati catatan waktu di monitor, Joan Mir memandang dengan penuh keheranan pada daftar yang menunjukkan top speed motor-motor yang sedang melaju. Kemudian bintang Suzuki itu menarik napas dalam-dalam dan berkata, “Johann Zarco lebih cepat 14 km/jam. Itu seharusnya membuat kita takut. Kami akan memiliki masalah jika duel melawannya saat balapan. Kami setara dengan Yamaha. Untuk mengimbangi Ducati, kami harus membuat keunggulan nyata (cornering speed). Kami harus membuat gap di bagian lain dari trek, agar tidak disalip di trek lurus, dan gap ini harus sangat besar.”

Terlepas dari kekurangan pada top speed, pembalap berusia 23 tahun itu semakin mendekati barisan depan saat tes. Pada tes hari keempat, Joan Mir menempati posisi ke-6, meningkat hampir 0,3 detik. “Itu menggembirakan. Kami belum benar-benar melakukan time attack (mencari fastest lap). Karena saya pikir, saya masih memiliki sedikit kelonggaran. Pembalap lain pasti bisa meningkat juga,” kata Mir.

Selain itu, Sirkuit Internasional Losail bukanlah tolok ukur untuk menarik kesimpulan tentang jalannya Kejuaraan Dunia. “Cengkeramannya (grip aspal) sangat tinggi, hal ini tidak terjadi di tempat lain, dan juga tidak biasa di lintasan ini. Bagi saya, penting agar kecepatan balapan tepat dan kami menemukan set-up yang bagus. Keuntungan kami adalah tidak ada perubahan yang dapat dilakukan pada mesin dan pembaruan kecil hanya akan membuat perbedaan kecil,” kata Mir optimis.

Mir adalah salah satu pembalap yang hampir tidak mencoba sesuatu yang baru pada hari Kamis. “Secara keseluruhan, ini hari yang baik. Kami mampu mengerjakan perangkat elektronik dan set-up untuk balapan awal musim dan mampu meningkatkan diri. Pekerjaan itu membuahkan hasil dan jika saya menargetkan time attack dengan set-up yang lebih baik dan ban baru, maka saya akan lebih cepat,” sang juara dunia itu merasa yakin.

Leave a Reply