Pol Espargaro Bisa ‘Langsung Menang’ di Qatar dan Jadi Lawan Kuat Marquez!

0

RiderTua.com – Jack Miller yakin Pol Espargaro bisa memenangkan balapan perdana di Qatar (ingat Pol bukan rookie), sementara disisi lain dia akan menjadi rekan sekaligus rival kuat Marquez.. Performa Pol Espargaro jauh lebih baik pada hari ketiga tes di Qatar dengan memacu motor Honda RC213V versi terbaru. Para rivalnya seperti Jack Miller dari Ducati atau rekan semereknya Takaaki Nakagami tidak menyangka pembalap berusia 29 tahun ini begitu cepat mampu beradaptasi dengan motor barunya. Faktanya Pol adalah pembalap Honda terbaik, pada tes hari ketiga di sirkuit Losail. Motor Honda secara fundamental berbeda dari KTM di beberapa area, seperti sasis. Pol telah beradaptasi dengan baik dan mencatatkan waktu yang fantastis, kecepatan balapannya (race pace) juga baik. Padahal tidak semua pembalap cocok dengan Honda, dan hebatnya, sejauh ini dia belum sekalipun terjatuh!

Pol Espargaro Bisa Memenangkan Balapan Awal di Qatar

Pol Espargaro finis di tempat ke-5, kurang 0,716 detik dari waktu tercepat yang ditorehkan Jack Miller (Ducati). Setelah 4 tahun bersama tim pabrikan KTM, pembalap asal Spanyol itu secara bertahap dan meyakinkan mampu melakukan pendekatan dengan RC213V barunya.

“Perkembangannya berjalan cukup alami, tapi saya masih harus banyak belajar tentang limit dari motor ini. Saya tidak mengeluh karena kemajuannya luar biasa,” kata pembalap Spanyol itu tentang performanya di hari ketiga dari lima hari tes di Qatar.

Dengan absennya Marc Marquez yang cedera, Pol Espargaro kini menjadi pembalap Honda tercepat. Pada tes hari Rabu, Jack Miller berhasil memecahkan rekor lap MotoGP tercepat yang pernah ada di Sirkuit Losail dalam waktu 1:53,183 menit dengan Ducati-nya. Di sisi lain, Miller yakin Espargaro akan memenangkan balapan pembuka Kejuaraan Dunia di Qatar pada 28 Maret.

Miller menjelaskan tentang asumsinya itu, “Pol adalah orang yang membuat kemajuan terbesar. Dia mengendarai KTM selama beberapa tahun dan saya yakin motor ini secara fundamental berbeda dari Honda di beberapa area, seperti sasis. Pol telah beradaptasi dengan baik dan menetapkan catatan waktu yang fantastis, kecepatan balapannya juga baik.”

“Saya sangat terkejut dibuatnya. Kami tahu dari pengalaman bahwa tidak semua pembalap cocok dengan Honda. Pol memiliki gaya membalap yang agresif dan juga menonjolkan siku (elbow down). Jika ada yang bisa menakhlukkan Honda, itulah dia. Ini juga menunjukkan bahwa dia membalap dengan baik. Dan hebatnya, sejauh ini dia belum sekalipun terjatuh, semuanya terlihat sangat baik untuknya.”

Sementara itu pembalap LCR Takaaki Nakagami juga mengomentari performa Pol ini. Dia berkata, “Jelas bagi saya, bahwa Pol akan mampu beradaptasi dengan Honda dengan sangat cepat. Semakin cepat setiap hari, menyenangkan untuk dilihat. Itu menunjukkan kalau Honda cukup kompetitif. Kami sekarang telah mencapai titik, di mana setiap pembalap harus menunjukkan yang terbaik untuk mempersiapkan diri dengan sempurna untuk balapan nanti.”

Leave a Reply