Categories: MotoGP

Pit Beirer: Bidikan KTM Harus Tepat!

RiderTua.com – Bos tim MotoGP asal Austria, Pit Beirer berujar bahwa bidikan KTM harus tepat… Hilangnya hak istimewa sebagai tim konsesi, membantu KTM untuk menandai era baru di MotoGP. Apa arti tantangan baru ini? Direktur balapan Pit Beirer menjelaskan semuanya.

Pit Beirer (KTM): Bidikan Harus Tepat

Hari ini di Sirkuit Losail di Doha-Qatar, KTM Factory Racing mengirimkan sepasang pembalap MotoGP barunya yakni Brad Binder & Miguel Oliveira. Serta Danilo Petrucci dan Iker Lecuona dari tim Tech3 ke lintasan balap untuk pertama kalinya.

Kemarin (Jumat 5 Maret), tes rider Dani Pedrosa mengurus set-up dasar untuk pembalap reguler, dan dia juga mencoba melakukan pengembangan terbaru untuk KTM RC16. Pembalap asal Spanyol itu akan memberikan masukannya lagi hari ini, dan diperbandingkan langsung dengan pembalap reguler. Dengan tiga kemenangan MotoGP (Oliveira 2 kali, Binder 1 kali) dan peringkat ke-5 yang berhasil dicapai Pol Espargaro, KTM harus rela kehilangan hak istimewa sebagai tim konsesi.

Alhasil, seperti tim pemenang lainnya, pembalap reguler KTM hanya diperbolehkan mengikuti tes resmi MotoGP, 2 mesin tidak boleh lagi digunakan per pembalap per musim. Dan untuk pertama kalinya, pengembangan mesin dibekukan mulai Maret 2020 hingga akhir musim 2021 (engine freeze).

Tantangan Baru untuk KTM

Situasi ini jelas menjadi tantangan baru bagi KTM, begitu penuturan Direktur Motorsport Pit Beirer. “Hilangnya hak konsesi membuat tugas kami lebih sulit. Tapi kami benar-benar ingin pergi ke sana, dengan ritme yang sama dengan lawan. Hingga tahun sebelumnya, kami tidak perlu khawatir tentang peningkatan mesin baru sebelum ‘pintu’ ditutup.”

“Dulu dalam kasus seperti ini, kami memperebutkan tiga balapan dengan versi mesin sebelumnya, lalu kami memasang komponen baru. Itu tidak berfungsi lagi. Kami hanya dapat membawa pembaruan seperti itu ke balapan pada pergantian tahun. Hal ini membuat tim penguji, menjadi sangat penting.”

“Sebagai tim konsesi, kami dapat mengatakan dalam pembaruan setelah dua balapan, bahwa kami mengambil langkah mundur karena versi homologasi sekarang berlaku untuk seluruh musim. Dan versi ini harus pas! Kami tidak dapat lagi menghadirkan pembaruan setiap bulan atau setiap 3 bulan, kami hanya memiliki opsi ini setahun sekali. Dan bidikan ini harus tepat!”

Pembalap Bisa Lebih Fokus untuk Membalap

Beirer melanjutkan, “Ini tentu saja menjadi tantangan baru yang harus kami biasakan. Bahkan dalam bisnis sehari-hari. Kami selalu harus selalu ingat bahwa, kami hanya akan dapat membawa komponen tertentu ke trek balap saat kami mengganti motor di tahun 2022. Di sisi lain, kami membawa sedikit ketenangan dalam aksi.”

“Karena apa yang kami lakukan dalam 4 tahun pertama, tidak dapat diharapkan dari pembalap atau tim dalam jangka panjang. Jika part baru berperforma lebih baik dalam tes, kami tidak ingin menunggu 3 bulan sebelum memasukkannya ke balapan untuk pertama kalinya. Kami mencoba membawanya ke baapan seminggu kemudian.”

“Kemudian baru diterbangkan beberapa mesin dan suku cadang. Keuntungannya, sekarang pembalap reguler kami dapat lebih berkonsentrasi pada membalap dan mengurangi pengembangan motor.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024