MotoGP 2021: Tak Ada Balapan di Luar Eropa Kecuali Qatar?

0

RiderTua.com – Untuk MotoGP 2021 apakah tak ada balapan di luar Eropa kecuali Qatar?.. Sama seperti tahun 2020, Australia kembali mengkonfirmasi jika mereka tidak bisa menggelar balapan untuk musim ini. Begitu pun dengan negara-negara di Asia. Oleh karena itu, tim sedang mempersiapkan Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 dengan dua balapan di GP Qatar dan tur Eropa. Operator Sirkuit Jalan Raya Mandalika masih menegaskan bahwa mereka bisa turun tangan jika satu lagi seri Asia dibatalkan. Namun, mereka akhirnya tidak dapat menilai apakah trek akan selesai tepat waktu hingga Juni.

MotoGP 2021: Tak Ada Balapan di Luar Eropa Kecuali Qatar?

Siapa pun yang berharap bahwa Kejuaraan Dunia balap motor 2021 tidak lagi terlalu terpengaruh oleh krisis kesehatan adalah keliru. Sejauh ini, di negara manapun di dunia belum mengizinkan menggelar event besar seperti balap motor.

Oleh karena itu, tes MotoGP Sepang yang sedianya digelar pada pertengahan Februari lalu terpaksa dibatalkan. Harapan tim bahwa tes dapat berlangsung di Jerez atau Portimao pun juga tidak terwujud. Sebaliknya, tes di Doha-Qatar (10-12 Maret) plus dua hari (6 dan 7 Maret) diperpanjang.

Namun hingga kini, rookie seperti Enea Bastianini, Jorge Martin dan Luca Marini belum bisa menguji motor MotoGP mereka. Dulu pembalap pemula diberi kesempatan untuk beradaptasi dengan kelas baru, pada bulan November di Valencia, Jerez atau pada tes pendatang baru di Sepang.

Kalender sementara GP 2021 juga harus direvisi pada Januari lalu, karena Brno tidak lagi menjadi tuan rumah balapan. Sementara balapan di Termas de Río Hondo-Argentina dan Austin-Texas yang sedianya digelar pada 4 dan 11 April harus ditunda tanpa batas waktu. Dan hingga kini, belum jelas apakah sistem pit di Las Termas yang terbakar pada Februari lalu bisa diperbaiki tepat waktu.

Sementara itu, pemerintah provinsi Buri Ram di Thailand juga telah membatalkan balapan untuk tahun 2021. Sejauh ini Dorna belum mengonfirmasi hal ini, MotoGP tidak lagi menerbitkan kalender baru setiap minggunya.

Seluruh Balapan Digelar di Eropa Kecuali Qatar?

Karena balapan khusus di luar Eropa terancam pembatalan, pada Oktober tahun lalu diputuskan akan menggelar balapan ganda di Doha-Qatar (28 maret dan 4 April), dan balapan di Portimao-Portugal ditambahkan ke program sebagai balapan pengganti pada 18 April.

Yup… situasi ini sama seperti musim 2020 lalu, dimana ada banyak balapan ganda. Misalnya Spielberg, Misano, Aragon dan Valencia. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta ingin membawa 18 hingga 20 balapan MotoGP pada musim 2021 ini. Pada tahun 2020 hanya ada 14 balapan.

Pada 18 hingga 20 seri balapan MotoGP, ada jutaan uang dari hak siar TV yang mengalir ke Dorna, yang merupakan sumber pendapatan yang sangat penting bagi mereka. Karena biaya dari penyelenggara sebagian besar gagal, jika mereka tidak dapat menjual tiket penonton.

Balapan di luar Eropa (dengan pengecualian Qatar, karena pemerintah membayar dan ada 1.500 penonton yang diperbolehkan datang) hanya akan berlangsung jika penyelenggara dapat menjual tiket penonton dalam jumlah maksimum. Dengan demikian mereka bisa membayar penuh biaya balapan kepada Dorna.

Pembatalan juga telah dikonfirmasi Australia, dimana mereka juga tidak bisa menggelar balapan di Phillip Island. Pasalnya, penyelenggara luar Eropa harus membuat pernyataan mengikat kepada Dorna dalam 90 hari, sebelum balapan digelar, apakah mereka akan mengadakan balapan. Untuk Australia akan digelar sekitar 20 Juni 2021. Tetapi Australia baru saja mengumumkan perpanjangan penutupan perbatasan setidaknya selama tiga bulan.

Siapa pun yang diizinkan masuk ke Australia harus terlebih dahulu masuk ke hotel karantina khusus selama dua minggu. Akomodasi untuk hal semacam itu, termasuk makan, menelan biaya beberapa ribu dolar. Di Thailand, Jepang, Malaysia, Indonesia, dan Selandia Baru, turis dijauhkan dengan tindakan serupa.

Untuk saat ini diperkirakan seluruh balapan musim 2021 (kecuali Qatar), akan berlangsung di Eropa. “Pada 2021 kami memiliki keuntungan bahwa kami dapat memulai Kejuaraan Dunia MotoGP pada akhir Maret daripada pertengahan Juli seperti tahun lalu,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

Leave a Reply