Para Pembalap MotoGP Memuji Tata Letak Sirkuit Catalunya yang Baru

0

RiderTua.com – Para pembalap MotoGP memuji tata letak sirkuit Catalunya yang baru… Pada Rabu (24/2/21), beberapa bintang MotoGP berlatih dengan menunggangi motor jalanan di sirkuit Montmelo dekat Barcelona. Apa pendapat Fabio Quartararo, Jack Miller, Joan Mir dan Pol Espargaro mengenai lintasan baru dari sirkuit Catalunya itu?

Para Pembalap MotoGP Memuji Tata Letak Sirkuit Catalunya yang Baru

Pada Rabu kemarin, ada kesibukan di sirkuit Barcelona-Catalunya. 4,5 minggu sebelum kick-off MotoGP musim 2021, juara bertahan Joan Mir dan rekan setimnya Alex Rins, pembalap Yamaha Fabio Quartararo, pembalap Ducati Jack Miller, pembalap Pramac Johann Zarco, Pol Espargaro dan pembalap LCR Alex Marquez dan Taka Nakagami melakoni sesi latihan tentu saja hanya dengan motor jalanan.

Pembalap reguler (dengan pengecualian tim konsesi Aprilia) tidak akan duduk di atas motor MotoGP hingga 6 Maret di Qatar. Yakni saat tes resmi pertama musim 2021.

Track day juga menarik dilihat dari GP Catalunya (6 Juni), karena layout Tikungan 10 tidak berubah hingga Januari. “Tata letaknya cukup berbeda, tapi rasanya bagus. Itu antara yang lama dan tata letak Formula 1. Saya suka itu,” ujar Fabio Quartararo.

Miller juga memuji tikungan baru ini. Dia berkata, “Trek Montmelo luar biasa dan sama fantastisnya dengan memiliki tata letak di Tikungan 10 yang mirip dengan yang lama. Saya benar-benar dapat melaju kencang, aspal menawarkan banyak grip, 10 dari 10 poin.”

Sementara Joan Mir secara keseluruhan juga puas dengan hasil latihannya. Pembalap berusia 23 tahun itu berujar, “Saya merasa hebat dengan motornya dan saya senang karena saya bisa melahap banyak lap dan mencoba tikungan baru. Penting untuk memahami cara mendekati mereka dan garis mana yang tepat, sehingga saya sudah memiliki ide ketika kami kembali dengan motor MotoGP nanti.”

Ketika Mir ditanya, bagaimana cara dia mertahanan gelar? “Saya mempersiapkan diri seperti yang saya lakukan sebelumnya. Saya berlatih keras, berusaha untuk tetap sehat dan mengerjakan apa yang saya rencanakan untuk saya lakukan setiap hari. Untuk menjadi pembalap yang lebih baik, lebih lengkap. Saya puas dengan hasil pramusim kami,” kata pembalap asal Mallorca itu yakin. Yang seperti banyak rekan lainnya, dia tinggal dan berlatih di Andorra.

Tak Masalah Menjalani Tes Hanya Dalam 5 Hari

Sementara itu, Quartararo mengungkapkan bahwa dia kembali ke lintasan balap motor untuk pertama kalinya, setelah final musim di Portimao dan sakit pada bulan Desember. “Saya merasa lebih baik. Semuanya standar, itu membuatnya cukup mudah untuk dikendarai,” kata pembalap berusia 21 tahun itu setelah sesi latihannya dengan menunggangi Yamaha R1.

Faktanya hanya akan ada tes MotoGP selama 5 hari di Sirkuit Losail, sebelum pembukaan musim. Pembalap pendatang baru di tim pabrikan Yamaha itu menanggapi hal itu. “Tidak apa-apa untuk dua balapan pertama (di Qatar), meskipun kami hanya menjalani tes lebih sedikit.”

“Ini hanya menjadi masalah, ketika kami sampai ke Portimao, pada trek yang sama sekali berbeda, di mana tahun lalu cukup sulit dengan M1. Saya tidak menekankan diri saya untuk Qatar, tetapi di Portimao saya akan melihat lebih banyak cara kerja motor dan tentang semuanya.”

Berlatih dengan Motorcross dengan Porsi yang Lebih Banyak

Pol Espargaro merasa senang bahwa semangat balapnya muncul di Catalunya, mengingat banyaknya wajah yang menonjol tahun lalu. “Setiap musim dingin terasa panjang, tapi akan sangat lama jika saya menunggu momennya,” kata peringkat kelima di Kejuaraan Dunia tahun lalu, mengacu pada hari pertama tes dengan Honda RC213V pada 6 Maret di Qatar.

“Saya sangat menantikan untuk naik motor dan melihat apa yang bisa saya capai. Dan juga karena banyak pebalap berjuang dengan itu. Saya memiliki kesempatan untuk memakai baju dengan warna ini. Bagi saya itu adalah tanggung jawab yang besar, dan pada saat yang sama merupakan momen dalam karir saya yang telah lama saya impikan. Saya merasa sekarang adalah waktu saya, saya akan mencoba menerapkannya.”

Pendatang baru Repsol Honda itu mengubah sedikit persiapannya. “Saya banyak berlatih dengan motocross. Saya baru saja mengendarai motor, mungkin selama 1,5 bulan dan saya sangat menikmatinya. Saya belum pernah melakukan latihan motorcross sebanyak itu! Setiap tahun saya mencoba membangun sesuatu yang berbeda, dan menjadi tiang yang lebih baik, pembalap yang lebih baik. Saya sudah banyak berlatih,” pungkas pembalap yang kini menjadi rekan setim bintang Marc Marquez itu.

Leave a Reply