1 Dekade: Valentino Mampu Menahan Transisi Generasi

0

RiderTua.com – Dalam 1 dekade terakhir, Valentino mampu menahan perubahan atau transisi generasi. Valentino Rossi pernah berujar bahwa usia hanyalah sebuah faktor… “Sayangnya, dua pembalap tertua meninggalkan saya,” sesal bintang Yamaha yang berusia 41 tahun itu. Merujuk pada grid start MotoGP pada 2021, tanpa kehadiran Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso. Dalam satu dekade deretan pembalap senior kini menyisakan dirinya ditemani Aleix, itupun jaraknya 10 tahun lebih muda…

Valentino Mampu Menahan Transisi Generasi

Bradl, Bautista, Redding, Smith, Pedrosa, Iannone, Lorenzo dan kini Dovizioso dan Crutchlow kehilangan pekerjaan sejak musim 2016. Sebagian besar pekerjaan ini karena menjadi ‘korban’ dari pembalap muda. Hanya Valentino Rossi yang tetap aman sentosa. Bahkan jika dia menyelesaikan 6 balapan berturut-turut tahun ini (dia absen dua kali balapan karena sakit). Rossi berada di peringkat ke-15 di Kejuaraan Dunia. Kemenangan terakhirnya (25 Juni 2017) lebih dari 3,5 tahun lalu. Dan memenangkan gelar terakhir pada 11 tahun lalu.

Cal Crutchlow yang berusia 35 tahun mengakhiri karirnya sebagai pembalap reguler pada akhir musim di Portugal. Sementara Andrea Dovizioso yang berusia 34 tahun saat ini, memutuskan untuk mengambil cuti panjang pada 2021.

Waktu akan menunjukkan, apakah rencana Dovi yang akan kembali ke Kejuaraan Dunia MotoGP pada 2022 berhasil. Dimana saat itu dia sudah berusia 36.

“Jujur, akhir karir adalah sesuatu yang tidak terlalu saya sukai,” kata Valentino Rossi sambil tersenyum ketika ditanya tentang dua rekannya itu.

“Cal juga seorang pembalap superbike, tapi kemudian dia memiliki karir yang luar biasa di MotoGP. Saya memiliki banyak kenangan dengannya, kami bertarung di banyak balapan. Aku ingat kemenangan pertamanya di Brno pada 2016, saat kondisi trek basah, ketika dia menang dan saya finis kedua.”

“Saya sudah mengenal Dovi untuk waktu yang sangat-sangat lama. Kami sudah saling berhadapan dengan minibike. Kami juga memiliki banyak pertarungan hebat. Saya ingat sewaktu di Malaysia 2016, ketika dia menang di depan saya. Tetapi kami berjuang untuk seluruh balapan,” kata pembalap asal Italia itu tentang rekan senegaranya.

Aleix Espargaro: Meski Tua Merasa Lebih Baik dari Sebelumnya

Tinggal 2 Pembalap Senior Musim Depan

Setelah Cal dan Dovi mengucapkan selamat tinggal, pembalap Aprilia Aleix Espargaro yang berusia 31 tahun, akan menjadi pembalap tertua kedua di grid MotoGP untuk musim mendatang. Tapi dia masih 10 tahun lebih muda ketimbang Valentino Rossi, yang lahir pada 16 Februari 1979.

“Sayangnya dua pembalap senior meninggalkan saya. Sekarang perbedaannya bahkan lebih besar. Telah terjadi perubahan generasi yang kuat dalam beberapa tahun ini, banyak pembalap telah maju,” kata Vale sedih.

Hanya Vale yang tampaknya hingga saat ini berhasil menahan perubahan generasi. Pada 2021, pemenang GP 115 kali itu akan mengikuti musim Kejuaraan Dunia ke-26.

“Ya, saya lebih tua dari Dovizioso, Pedrosa atau Jorge [Lorenzo]. Mereka adalah bagian dari generasi muda. Tetapi saya percaya bahwa setiap orang memiliki kisah, motivasi, dan hasrat mereka sendiri. Usia hanyalah salah satu faktor, tapi bukan satu-satunya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan,” tegasnya.

Mengomentari keputusannya, calon pembalap Petronas itu berkata, “Saya senang karena saya masih membalap tahun depan. Kami berharap bisa kompetitif. Itu sulit karena pembalap muda semakin kuat. Jadi ini tantangan besar tapi saya ingin mencobanya,” tegas Rossi.

Leave a Reply