Motor Marini Lebih ‘Nungging’ dan Fungsi Tuned Mass Damper Ducati

0

RiderTua.com – Adik Rossi, Luca Marini, yang akan berlaga dengan livery VR46 Sky Racing Team dari Avintia Esponsorama Racing musim ini, akan memakai Ducati Desmosedici yang sudah disiapkan oleh tim dengan spesifikasi lebih lama. Buritan motornya terlihat menjulang ke atas seperti habis ditabrak dari belakang, tetapi apa fungsi model ekor desmosedici itu?.. Sebuah teori menyebutkan bahwa itu adalah Tuned Mass Damper (TMD) perangkat Hybrid yang digunakan untuk mengelola getaran (vibration control). ‘Chatter’ adalah efek resonansi yang melewati ban, suspensi, dan ke dalam massa frame motor. Pegas dan redaman konvensional hanya dapat mengontrol sebagian dari efek ini. Dengan model buritan menukik ini memungkinkan Ducati untuk menghilangkan akselerasi tertentu dalam pergerakan suspensi. Sebuah perangkat hybrid dapat disetel dengan massa geser yang berbeda, massa berputar, dan pegas pembantu, untuk mendapatkan pengaturan anti-chatter terbaik untuk ban dan trek tertentu.

Fungsi Tuned Mass Damper Ducati

Bagian penutup ekor Ducati terlihat menjulang tinggi karena memiliki mekanisme yang kini masih misterius. Ada yang menyebutnya sebagai “kotak salad”. Belum ada penjelasan yang pasti tentang isinya, tetapi sebagian besar merupakan peredam massa (mass damper) untuk kontrol getaran (vibration control). Ada bobot tertentu yang bergerak sesuai dengan akselerasi dan deselerasi, dan tujuannya adalah untuk meredam ‘gejolak liar’ dari perilaku motor Ducati..

salad box (drivetribe)

Ada teori yang menyebutkan bahwa itu adalah Tuned Mass Damper (TMD) atau Inerter, atau gabungan dari keduanya. Ducati Salad Box adalah perangkat Hybridyang digunakan untuk mengelola getaran. ‘Chatter’ adalah efek resonansi yang melewati ban, suspensi, dan ke dalam massa frame motor. Pegas dan redaman konvensional hanya dapat mengontrol sebagian dari efek ini, memiliki Inerter \ TMD memungkinkan Ducati untuk menghilangkan akselerasi tertentu dalam pergerakan suspensi. Kemungkinan besar perangkat hybrid dapat disetel dengan massa geser yang berbeda, massa berputar, dan pegas pembantu, untuk mendapatkan pengaturan anti-chatter terbaik untuk ban dan trek tertentu.

Motor Marini Lebih Nungging ?

Ada juga teori yang merupakan versi ‘lawak’ yang mengatakan bahwa isinya adalah kotak makan siang dan nasi. Panas dari knalpot membuatnya menjadi tetap hangat dan menjadi makanan enak yang bisa dimakan saat panas, kapan saja.

Melihat motor Marini yang menjulang itu sepertinya hanya efek ‘standar paddock’ saja.. Roda belakang lebih terangkat..

Leave a Reply