Categories: MotoGP

Jorge Lorenzo: Cedera Marc Marquez Mempengaruhi Mentalnya

RiderTua.com – Jorge Lorenzo berujar, cedera Marc Marquez akan mempengaruhi mentalnya… Berdasarkan pengalaman pribadinya, Jorge Lorenzo sangat tahu dan paham betul apa arti cedera serius yang kini dialami Marc Marquez. Namun dia percaya, bintang Repsol Honda itu tahu apa yang akan dilakukan di musim MotoGP 2021. “Jika kita cedera, maka kita semakin percaya bahwa balap motor adalah olahraga yang berbahaya. Ketika kita menghadapi cedera yang signifikan, membuat kita jadi merenung, kita keluar ke lintasan dengan mentalitas yang berbeda, kita jadi lebih berhati-hati. Saya yakin Marquez akan lebih dewasa dalam hal ini. Dia harus menghitung lebih banyak dan mengambil risiko lebih sedikit,” katanya.

Jorge Lorenzo: Cedera Marc Marquez Mempengaruhi Mentalnya

Jorge Lorenzo mengakhiri karirnya setelah melewati musim 2019 yang mengecewakan. Saat itu dia menjadi rekan setim Marc Marquez di Repsol Honda. Dimana pembalap asal Spanyol itu tidak pernah sekali pun mencapai 10 besar. Selain itu, salah satu alasan juara dunia MotoGP tiga kali itu pensiun adalah, karena dia mengalami cedera tulang belakang setelah terjatuh di tes Barcelona dan di Assen.

Pada tahun 2020, cedera membekap Marc Marquez. Juara dunia 8 kali itu mengalami patah lengan kanan atas, pada balapan awal Kejuaraan Dunia di Jerez dan kemudian absen hingga akhir musim. Pada Desember, pembalap Spanyol berusia 27 tahun itu harus menjalani operasi ketiga. Jadi dalam kurun waktu kurang dari lima bulan, dia telah menjalani tiga kali operasi.

Pemenang GP 82 kali itu kerap membagikan moment saat dirinya tengah menjalani fisioterapi dan latihan, di akun media sosialnya. Tetapi hingga kini masih belum jelas, kapan Marquez akan turun di lintasan balap lagi.

Rekan senegaranya Lorenzo khawatir, bintang Repsol Honda itu akan kesulitan saat melakukan comeback. Dia menanggapi hal ini dengan penjelasan yang panjang lebar. Dia berkata, “Mungkin saya salah. Tapi berdasarkan pengalaman saya, hal ini akan menyulitkan dia. Saya tidak tahu, apakah lengannya akan 100 persen sama seperti sebelum jatuh.”

“Saya berharap dia dan semua penggemar MotoGP sabar menunggu dia pulih 100 persen. Karena akan selalu menjadi tontonan yang menyenangkan melihat Marc di lintasan. Kita harus menunggu dan melihat, bagaimana dia akan kembali siap tempur secara fisik dan mental. Karena sangat sulit, ketika kita harus menahan diri begitu lama bahkan tanpa bisa berlatih di gym. Setiap cedera serius perlahan tapi pasti akan memengaruhi aspek secara psikologis. Dan membuat kita sedikit lebih sadar akan risikonya” imbuh Lorenzo.

Jorge Lorenzo: Cedera Marc Marquez Mempengaruhi Mentalnya

Cedera Membuat Mentalitas Berbeda

“Jika kita tidak memiliki pengalaman dengan cedera, maka kita semakin percaya bahwa balap motor adalah olahraga yang berbahaya. Tetapi kita masih terlindungi, kita yakin karena baju kita terbuat dari karet dan secara praktis tidak pernah melukai diri.”

“Kita memiliki kesan ini, dia masih muda dan berani. Tetapi ketika kita kemudian menghadapi cedera yang signifikan dalam karier kita, itu membuat kita jadi bisa merenung. Dalam keadaan yang kini berubah, kita keluar ke lintasan dengan mentalitas yang berbeda, kita jadi lebih berhati-hati.”

“Saya yakin kita akan melihat Marquez yang lebih dewasa dalam hal ini. Dia harus menghitung lebih banyak dan mengambil risiko lebih sedikit. Secara keseluruhan, ketika Marc bugar, dia selalu yang terkuat. Dia lebih berbakat, lebih agresif dan lebih ambisius. Dialah yang bekerja paling keras dan paling tahu tentang motornya.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez Kembali ke Honda?

RiderTua.com - Sejak pindah ke Ducati, Marc Marquez memang sejak awal sudah menunjukkan kecepatan dibarisan depan, namun hal seperti ini membuat…

27 April 2024

Dani Pedrosa : Saya Terkejut dengan Performa Acosta dan Masalah yang Dihadapi Miller dan Binder

RiderTua.com - Dani Pedrosa akan tampil di GP Jerez sebagai entry wildcard dan akan menunggangi KTM RC 16 pabrikan ketiga akhir…

27 April 2024

Luca Marini Berharap Mendapatkan Efek Positif dari Tes Jerez

RiderTua.com - Setelah menjadi pembalap pabrikan Honda, pamor Luca Marini semakin memudar. Dia mengharapkan pembalikan tren yang sangat dibutuhkan pada…

27 April 2024

Maverick Vinales : Mungkin Massimo Rivola Ingin Saya Segera Menandatangani Perpanjangan Kontrak

RiderTua.com - Maverick Vinales tampil luar biasa di COTA Austin. Dengan kemenangannya di balapan utama, kini dia berhasil mencetak rekor sebagai…

27 April 2024

Hasil Latihan MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - 10 pembalap yang lolos ke Q2.. Latihan MotoGP di Sirkuit Jerez berlangsung hari ini,…

26 April 2024

Hasil Latihan 1 Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Joe Roberts menjadi pembalap tercepat pada Latihan 1 Moto2 Spanyol setelah menguasai sesi ini…

26 April 2024