Rossi Tetap Penting untuk Pengembangan Yamaha!

0
Rossi Tetap Penting untuk Pengembangan Yamaha motogp
Rossi Tetap Penting untuk Pengembangan Yamaha

RiderTua.com – Valentino Rossi tetap penting untuk pengembangan Yamaha, meski sudah pindah ke Petronas SRT.. Bos Yamaha Lin Jarvis mengatakan Valentino Rossi akan menjadi bagian yang sangat penting dalam pengembangan motor MotoGP 2021. Setelah 15 musim bersama, pengetahuan Rossi tentang Yamaha jelas berbeda dibandingkan pembalap muda Yamaha.. Namun Juara dunia sembilan kali itu mengkritik staf teknik Yamaha di Jepang selama MotoGP Portugal. Mengklaim bahwa mereka mendengarkan umpan balik pembalap tetapi tetap melakukan apa yang insinyur sendiri inginkan. Pembalap asal Italia itu mengaku dirinya juga tidak yakin seberapa banyak masukan yang sebenarnya dia miliki dalam pengembangan motor.

Rossi Tetap Penting untuk Pengembangan Yamaha!

Jarvis mengakui Fabio Quartararo dan Maverick Vinales akan menjadi yang pertama dalam pengembangan karena mereka adalah skuad pabrikan. Namun dia tidak percaya bahwa Rossi yang pindah ke garasi sebelah akan mengubah banyak perannya seperti yang sebelumnya di Yamaha MotoGP.

“Dia menjalani 15 musim bersama tim pabrikan Yamaha. Itu sangat luar biasa. Jadi, ini akan menjadi perubahan, tidak diragukan lagi karena pindah ke rumah sebelah akan berbeda. Tapi di sisi lain, tidak akan berbeda karena Valentino akan mendapat dukungan penuh dari pabrikan tahun ini”.

Valentino akan mengendarai motor pabrikan dengan spesifikasi yang sama dengan pembalap pabrikan. Memang benar bahwa beberapa pengembangan akan lebih banyak dipimpin oleh tim pabrikan. Namun Rossi adalah bagian yang sangat penting dari pengumpulan data Yamaha.

Rossi petronas motogp

“Memiliki lebih banyak pembalap di trek itu penting dan tidak diragukan lagi teknisi kami akan melihat data dari Fabio, Maverick dan Valentino untuk mengembangkan dan mengembangkan lebih lanjut motor pabrikan. Tapi juga, kami mendapatkan beberapa informasi menarik juga dari keberadaan Morbidelli dengan motor yang lebih lama,” kata Lin.

Jadi menurut Jarvis kepindahan Rossi bukan perubahan besar. Tidak akan ada yang berkurang dalam hal apapun, dan tidak akan banyak mengubah cara Yamaha mengembangkan motor MotoGP-nya…. Satu lagi Rossi akan lebih santai dan tidak dikejar tanggung jawab pengembangan motor lebih awal, karena yang mencoba part baru pertama adalah pembalap tim pabrikan..

Leave a Reply