Graziano Rossi: Valentino akan Membalap Hingga Berusia 46 Tahun, Gaspol!

0

RiderTua.com – Graziano Rossi: Valentino akan membalap hingga berusia 46 tahun. Pertarungan melawan ‘singa-singa’ muda membuatnya awet muda. Bintang MotoGP Valentino Rossi kini telah mengoleksi 115 kemenangan balapan. Meski tak lagi muda, dia mengungkapkan bahwa dirinya masih ingin memecahkan beberapa rekor lagi. “Selama saya bisa tetap di depan, saya akan terus memacu,” kata juara dunia 9 kali itu.

Graziano Rossi: Valentino akan Membalap Hingga Berusia 46 Tahun

Valentino Rossi akan berusia 42 tahun pada 16 Februari. Dia sudah beberapa kali menunda pengunduran dirinya (pensiun) sebagai pembalap reguler. Misalnya saat di GP Texas pada 2015 silam, dia pernah mengatakan jika dia masih berkompetisi di balapan MotoGP setahun atau 2 tahun lagi setelah kontraknya bersama Yamaha habis pada 2016. Tapi sekarang telah berubah menjadi 4 tahun lagi.

Sejak 25 Juni 2017, bintang Yamaha itu belum pernah memenangi Kejuaraan Dunia dan belum pernah memenangi gelar dunia sejak 2009. Tapi pada 2015 dia kembali menjadi pemimpin kejuaraan dunia dan penantang gelar, dia telah menjadi salah satu pembalap terbaik Yamaha.

Sejak dari Ducati dan kembali ke Yamaha, beberapa kali The Doctor mengalami banyak kekalahan serius. Dia hanya satu kali naik podium pada tahun 2020 (tempat ke-3 di GP Andalusia-Jerez).

Sebagai gantinya, Rossi senang dengan kesuksesan yang diraih tim Sky VR46 miliknya dalam beberapa tahun terakhir. Dia juga bangga dengan prestasi anak didik yang sukses di VR46 Riders Academy. Franco Morbidelli dan Pecco Bagnaia memenangkan Kejuaraan Dunia Moto2 pada 2017 dan 2018. Sementara saudara laki-lakinya Luca Marini menjadi runner-up Moto2 di musim 2020.

Graziano Rossi - Valentino Rossi

Meski Tak Lagi Muda akan Terus Membalap

Vale kini juga berencana mengambil alih tim asal Spanyol, Esponsorama Ducati MotoGP dari Raul Romero. Perusahaan patungan itu ikut berkompetisi untuk musim 2021. Dan Dorna diharapkan menunjukkan kepastiannya bahwa, Rossi 99 persen akan mengambil alih tim balap ini selama 5 tahun (2022 hingga 2026). Untuk tahun 2021 dia juga telah memasang Luca Marini sebagai pembalap di sana, dengan sponsor Sky VR46.

Setelah 15 tahun (2004-2010 dan 2013-2020) bersama tim pabrikan Yamaha, untuk pertama kali Rossi bergabung dengan tim satelit Petronas SRT untuk musim 2021. Dia sekarang suka berkomentar tentang perubahan itu. Dan perubahan itu dia sambut dengan antusias. Yakni tentang gairah baru, tentang kesuksesan (sporadis) yang diberikan kepadanya, dan pertarungan melawan ‘singa-singa’ muda yang membuatnya awet muda.

“Selama saya bisa mengikuti para pemimpin balapan, saya akan terus melaju,” kata The Doctor. Sang ayah Graziano Rossi, memberi dukungan penuh padanya. “Valentino akan membalap sampai dia berusia 46 tahun,” kata sang ayah sambil tersenyum.

Leave a Reply