Tes Sepang yang Dibatalkan Tak Akan Diganti, Tapi…

Tes Sepang yang Dibatalkan Tak Akan Diganti- MotoGP
Tes Sepang yang Dibatalkan Tak Akan Diganti

RiderTua.com – Tes Sepang yang dibatalkan tak akan diganti. Pada tanggal yang sama dengan tes Sepang (yang dibatalkan), 11 tim MotoGP sebenarnya sudah berencana untuk siap untuk Jerez atau Portimao. (Shakedown tes dari 14-16 Februari dan tes IRTA dari 19-21 Februari). Namun Dorna, IRTA dan tim satelit MotoGP, diharapkan setuju untuk tidak memindahkan tes Sepang ke Jerez atau Portimao. Apa alasannya? Berikut ada 3 hal itu..

Tes Sepang yang Dibatalkan Tak Akan Diganti

Perubahan rencana ini telah diputuskan, dan hari ini Kamis (14/1/21) akan dipresentasikan kepada tim pada saat konferensi via ZOOM. Proposal yang mereka ajukan adalah, Tes Sepang yang dibatalkan tidak boleh diganti, tetapi shakedown tes selama 3 hari akan dipindahkan dari Malaysia ke Qatar.

Aprilia Racing adalah satu-satunya tim konsesi yang ikut dalam shakedown tes, selain tes yang dilakukan 6 tim pabrikan. Saat tes di Qatar selama 2 hari inilah, Aprilia juga ingin menentukan apakah Bradley Smith atau Lorenzo Savadori akan mendapat tempat sebagai pembalap kedua disisi Aleix Espargaro. Kedua pembalap itu akan memperebutkan tempat yang ditinggalkan Andrea Iannone (diskors selama 4 tahun).

Alasan Tes Sepang Tak Diganti

Dorna, IRTA dan asosiasi pabrikan MSMA mengemukakan alasan yang masuk akal untuk mendukung keputusan ini.

  1. Alasan pertama, material untuk tes Sepang dari Jepang dan Eropa telah dikirim ke Kuala Lumpur. Untuk menghemat biaya dengan angkutan laut, dan peti barang ini tidak dapat lagi dialihkan pada tepat waktu untuk Jerez atau Portimao.
  2. Alasan kedua, motor balap 2020 akan tetap dihomologasi untuk tahun 2021, dengan pengembangan mesin MotoGP yang dibekukan mulai Maret 2020 hingga akhir 2021. Kompon dan konstruksi ban dari Michelin juga tetap tidak berubah.
  3. Dan alasan ketiga, saat ini banyak negara menjalani masa karantina. Dalam beberapa kasus hingga akhir Februari, bepergian ke Eropa, Asia, dan Timur Tengah menjadi jauh lebih sulit dengan peraturan karantina yang ketat.

Jika tim pabrikan dan tim satelit setuju, pembalap reguler hanya memiliki waktu tes selama 3 hari. Khusus untuk para rookie seperti Jorge Martin, Enea Bastianini dan Luca Marini akan mendapat tes tambahan selama 3 hari, selama shakedown tes untuk mengenal motor Ducati mereka.

Dengan persetujuan dari tim MotoGP, sekarang peti barang akan dikirim melalui udara atau laut dari Malaysia langsung menuju ke Doha.

Rencana baru untuk tes musim dingin:
Kelas MotoGP
Shakedown test di Losail-Qatar: 5-7 Maret 2021
Tes MotoGP IRTA di Losail-Qatar: 10-12 Maret

Kelas Moto2 dan Moto3
Tes Jerez: 16-18 Maret

Be the first to comment

Leave a Reply