Segmen MPV di Indonesia ‘Terancam’ Karena SUV?

0
Avanza yang dulu disayang

RiderTua.com – Mungkin banyak yang mengira kalau segmen MPV di Indonesia tetap bertahan ditengah kondisi sekarang. Memang benar kalau dilihat dari angka penjualannya, walau justru ada sesuatu yang ‘mengancam’ dari segmen lain. Segmen MPV di Indonesia disebut mulai dibuntuti oleh SUV yang tengah berkembang pesat selama beberapa bulan terakhir. Bahkan berpotensi menyalip popularitas ‘mobil sejuta umat’ suatu saat nanti.

Segmen MPV di Indonesia Dibuntuti Oleh SUV

Sudah tak diragukan lagi kalau segmen MPV menjadi segmen favorit masyarakat Tanah Air selama bertahun-tahun. Dipopulerkan oleh Toyota Kijang, kemudian diteruskan oleh Avanza dan Isuzu Panther. Kini sudah ada sejumlah produk dengan berbagai macam varian, walau model lama tak mampu bertahan lama.

Namun seiring berjalannya waktu, segmen mobil yang lain sudah menunjukkan pergerakan, dimulai dari LCGC. Bahkan dengan varian 7-seater sudah disebut setara dengan mobil MPV. Dan belakangan ini segmen SUV juga menunjukkan perkembangan yang pesat pula, dan makin banyak mendatangkan varian baru termasuk 7-seater.

Segmen MPV di Indonesia

Bisa Tetap Bertahan, Nggak?

Tentu SUV sudah menjadi tren di seluruh dunia, terbukti dengan hasil penjualan terbesar masih didominasi jenis ini. Kalau dilihat SUV dianggap lebih enak dibawa ke berbagai medan jalan apapun ketimbang MPV, dan modelnya yang gagah disukai banyak orang. Tapi pertanyaannya, akankah segmen ini bakal mengungguli MPV di Indonesia?

Menurut Toyota, sepertinya itu takkan terjadi dalam waktu dekat, mengingat segmen MPV tetap jadi favorit konsumen. MPV sudah lama dikenal sebagai mobil keluarga yang mampu muat banyak penumpang. Toyota juga menganggap segmen tersebut sudah menjadi pilar utama bagi pasar roda empat Tanah Air selama ini, dan SUV bisa saja menjadi ‘cabangnya’.

Walau begitu, ini akan menjadi sesuatu yang menarik untuk diamati. Karena segmen MPV dan SUV cukup populer di Indonesia, maka akan ada persaingan yang sangat ketat di antara segmen tersebut. Meskipun sebenarnya segmen LCGC juga tetap solid selama ini, terbukti dengan hasil penjualan Honda Brio Satya yang mengungguli model sekelasnya.

Leave a Reply